Header Ads

Jambu Kristal OKU Timur Dipesan Swalayan Hingga Online

Baturaja Radio - Potensi perkebunan jambu kristal di Kabupaten OKU Timur cukup menjanjikan menyusul banyaknya penggemar baik dari dalam daerah maupun luar daerah bahkan hingga pemesanan secara online.
Salah satu penggiat tanaman jambu kristal Yapani ketika dikonfirmasi mengaku saat ini masih di Kota Palembang dengan membawa delapan kwintal jambu kristal yang sudah dipesan oleh pihak swalayan sebanyak empat kwintal dan sisanya dijual di pasar sayur dan pasar lainnya di kota Palembang.
"Saya saat ini masih di kota Palembang untuk memasarkan jambu hasil OKU Timur. Setiap minggu saya membawa jambu-jambu tersebut yang langsung habis karena memang sudah dipesan di Palembang," katanya, Jumat (11/3/2016).
Setiap minggu, kata Yapani, dirinya membawa delapan kwintal jambu kristal yang dihasilkan dari kebun miliknya seluas 3/4 hektare (Ha) dengan rincian setiap batang menghasilkan jambu kristal sebanyak dua kilogram.
Jambu-jambu tersebut, kata dia, sebelum dipasarkan terlebih dahulu akan dipilih antara buah super dan tidak.
"Buah super akan dijual ke swalayan. Sedangkan yan biasa akan dijual ke pengecer," katanya.
Dikatakan Yapani, peminat jambu kristal tersebut bukan hanya dari kalangan pasar saja. Namun juga dari penggiat dunia online.

Selama ini setiap minggu ada pemesan jambu kristal melalui media online sebanyak dua kwintal per minggu yang berasal dari wilayah Martapura.
"Yang memesan juga ada dari kalangan penggiat online. Mereka setiap minggu memesan sebanyak dua kwintal yang langsung dikirimkan melalui travel," katanya.
Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, potensi perkebunan jambu kristal di wilayah OKU Timur terutama di wilayah pengembangan saat ini Kecamatan Cempaka cukup bagus.
Masyarakat, kata dia, hendaknya ikut mengembangkan tanaman jambu kristal tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Jika di wilayah Belitang saat ini terkenal dengan persawahan dan perikanan. Hendaknya di wilayah Hilir juga memiliki potensi alam. Selain ikan yang juga bisa dikembangkan di aliran sungai komering. Jambu kristal dan pepaya kalina juga bisa menjadi salah satu hasil bumi andalan,” katanya. (tribunnews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.