Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Mudah Mengikis Risiko Stroke

Baturaja Radio - Silahkan menerapkan beberapa cara mudah ini jika ingin terhindar dari serangan stroke.

- Jangan malas membersihkan gigi, turunkan risiko hingga 24%
 
Rutinlah membersihkan gigi dari karang (scaling). 
 “Ketika terjadi infeksi atau peradangan pada gusi, Anda berisiko mengalami kerusakan jaringan dan tulang pendukung gigi,” drg. Prita Widianti, dari Hilly Dental, Jakarta. Pada akhirnya, hal ini akan mempermudah terjadinya penyebaran bakteri dan dapat menimbulkan penyumbatan darah. “Bakteri penyebab penyakit gusi juga dapat menimbulkan reaksi pada imunitas yang akan menye­rang arteri Anda,” kata dr. Michael Roizen, dalam Journal of Perio­dontology.

- Batasi konsumsi garam-turunkan risiko hingga 36%
Batas konsumsi garam per hari adalah 2,4 gram. Ini tidak hanya dalam bentuk garam dapur namun juga perlu memperhitungkan kadar garam dalam bahan makanan Anda. “Mengonsumsi makanan yang telah diproses –seperti makanan siap saji– juga dapat membuat Anda melewati batas konsumsi per hari,” kata Joe Korner, dari Stroke.

- Awali hari Anda dengan segelas air putih-turunkan risiko hingga 53%
Air bekerja membantu proses pengenceran darah dan memperkecil kemungkinan terjadinya pembekuan darah. Menurut para peneliti dari Loma Linda University, mereka yang minum 5 gelas air putih atau lebih setiap hari memiliki risiko terserang stroke yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari jumlah tersebut.

- Makan apel-turunkan risiko hingga 45%
Kandungan fitokimia bernama quercetin dalam apel dipercaya dapat meredam peradangan yang berkaitan dengan pengerasan pembuluh darah arteri. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Heart Association. Kandungan pektin dalam apel juga turut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sebagai salah satu pemicu serangan stroke hingga 10%.

- Stop merokok-turunkan risiko hingga 82%. 
Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Auckland menemukan, orang yang sering menghirup asap rokok memiliki risiko 82% lebih tinggi terserang stroke dibanding mereka yang tak pernah. Dan, jika Anda perokok, maka jangan kaget dengan kehadiran timbunan lemak pada dinding-dinding arteri Anda. “Lemak-lemak ini dapat menghambat suplai darah ke otak Anda,”
Sumber : www.facebook.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.