Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kolak biji salak

 




Baturaja Radio.com - Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Biasanya banyak orang mulai mempersiapkan takjil buka puasa, yang akan disajikan setiap harinya.Seperti namanya takjil dalam bahasa Arab berarti menyegerakan berbuka puasa. Nah ketika berbuka puasa Ramadhan, kita disunahkan untuk berbuka dengan yang manis.Salah satu takjil berbuka puasa ini nggak hanya makanan berat saja, namun juga bisa minuman yang menyegarkan. Sajian takjil yang paling favorit yakni kolak yang memiliki rasa manis.

Umumnya di bulan puasa ini, banyak penjual dadakan di pinggir jalan yang menjajakan hidangan takjil. Mulai dari es kelapa, es pisang ijo, sup buah, kopyor, es oyen tersaji lengkap bagi orang-orang yang mencari hidangan berbuka puasa.Memang setelah seharian menahan haus dan kering di tenggorokan, menjadikan takjil seperti es yang segar dan manis paling cocok untuk disantap pertama kali berbuka. Selain itu makanan berbuka dengan cita rasa manis juga jadi sajian yang selalu ditunggu-tunggu dan dinantikan saat momen buka puasa Ramadhan.

Selain segar, kamu bisa loh menunggu waktu maghrib dengan membuat menu takjil buka puasa Ramadhan di rumah. Lebih hemat dan kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu.Dengan membuatnya sendiri kamu juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang menyehatkan dan tentunya ramah di kantong.

Salah satunya adalah Kolak Biji Salak


Bahan:

- 500 gr ubi sekitar 3 buah, kupas, potong-potong

- 125 gr sagu

- 260 ml santan instan

- 250 gram gula Jawa

- 2 sdm gula pasir

- 1/4 sdt garam

- Air untuk merebus bola-bola ubi

- Air untuk kuah gula

- 3 lembar daun pandan


Cara membuat:

1. Kukus ubi sampai matang dan empuk, sisihkan.

2. Lalu hancurkan ubi sampai halus, campurkan ubi dengan sagu, uleni sampai rata.

3. Bulatkan adonan sebesar anggur atau sesuai selera. Lakukan sampai adonan habis.

4. Rebus adonan ubi di atas sampai matang hingga bola-bola ubi sudah mengapung, segera matikan api dan tiriskan.

5. Rebus 1.000 ml air, gula jawa, gula pasir, pandan dan garam. Tunggu sampai gula larut, tambahkan bola-bola ubi dan santan, aduk rata dan masak sambil terus diaduk hingga matang. Sajikan.


https://www.briliofood.net/resep/30-resep-takjil-buka-puasa-ramadhan-segar-sehat-mudah-dibuat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.