Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Penuhi Kebutuhan Sayur, Petani di OKU Selatan Bercocok Tanam Gunakan Metode Hidroponik


Baturajaradio.com
- Banjir melanda 15 desa dan kelurahan di 5 kecamatan di Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel). 

Banjir ini disebabkan oleh hujan lebat yang terjadi sejak Kamis, 16 Februari 2024 pukul 20.00 WIB hingga Jumat, 17 Februari 2024 pukul 13.00 WIB.

"Akibat banjir, 836 rumah warga terendam dengan total 910 KK," ujar Manager Pusdalops BPBD OKU, Gunalfi.

Berdasarkan data dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU menyatakan beberapa lokasi bencana banjir yang terdampak  diantaranya wilayah Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Desa Rantau Kumpai (Dusun 1 dan Dusun 2) dan Desa Bandar.

Kecamatan Semidang Aji yakni Desa Keban Agung dan Desa Tubohan. Kecamatan Lubuk Batang di Desa Lubuk Batang Lama.

Sedangkan, di Kecamatan Baturaja Barat di Desa Karang Endah, Desa Karang Agung Desa Batu Kuning, Desa Pusar dan Kelurahan Tanjung Agung.

Untuk Kecamatan Baturaja Timur wilayah yang terdampak yakni Kelurahan Baturaja Permai, Kelurahan Sekarjaya, Kelurahan Baturaja Lama, Kelurahan Pasar Baru dan Kelurahan Sukajadi.

"Yang terdampak terhitung sementara ada 836 rumah yang diisi 910 KK. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 3,94 miliar," ungkap Gunalfi.

Gunalfi menyampaikan, penyebabnya hujan dengan intensitas  sedang sampai dengan lebat di beberapa wilayah di Kabupaten OKU dengan durasi waktu yang cukup lama.

"Hujan mengguyur Kabupaten OKU sejak Kamis (15/2) hingga Jumat (16/2) selama 2 hari berturut-turut," terangnya.

Saat ini pihak BPBD OKU berkoordinasi dengan pihak terkait terus melakukan monitoring dan evakuasi. "Sebagian wilayah yang tergenang banjir sudah surut," tutup Gunalfi.

Sebelumnya diberitakan, Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten OKU sejak pagi hingga siang hari pada tanggal 16 Februari 2024 menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir. Banjir ini menggenangi beberapa ruas jalan utama.

Banjir di Jalan Lintas Sumatera cukup parah sehingga pengendara motor terpaksa menggunakan jasa mobil pickup untuk mengangkut sepeda motor mereka agar bisa melewati genangan air. Jumat (16/2/2024). 

Sejak guyuran hujan melanda  di wilayah OKU sejak pagi hari, beberapa ruas jalan yang tergenang banjir, bahkan pemukiman warga di Perumahan Bungur Raya Residen di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur yang terendam banjir dengan arus deras.

Alpian (40) warga di sekitar Perumahan Bungur mengatakan, kondisi banjir seperti ini terjadi pada saat turun hujan dengan intensitas tinggi disertai air Sungai Ogan yang meluap.

(https://okes.disway.id/read/647446/836-rumah-di-oku-terendam-banjir-kerugian-capai-rp-394-miliar/15)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.