Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Atasi Kulit Bersisik yang Mengganggu Penampilan, 12 Perawatan Rutin Ini Bisa Jadi Solusinya

 


Baturaja Radio.com - Tips atasi kulit bersisik mungkin jadi salah satu kata pencarian yang banyak dicari di mesin pencarian bagi yang mengalami masalah ini. Ya, tampilan kulit yang terlihat kasar dan bersisik memang cukup meresahkan karena bisa mengganggu penampilan. Kalau dibiarkan begitu saja, kondisinya tentu bisa semakin parah.

Jadi, penting nih untuk melakukan perawatan kulit bersisik yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Soalnya kulit bersisik nggak memancarkan tampilan kulit yang sehat dan glowing alami. Jadi, apa saja sih yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?

Apa Penyebab Kulit Bersisik

Untuk mengetahui cara tepat atasi kulit bersisik, hal pertama yang wajib kamu pahami adalah cari tahu penyebabnya. Masing-masing orang biasanya mengalami kondisi berbeda yang menjadi penyebab masalah kulit bersisik yang dialami. Yuk, kenali satu per satu!

1. Kulit Kering atau Dehidrasi

Secara umum, kulit bersisik disebabkan karena kondisi kulit kering atau mengalami dehidrasi. Nah, ada perbedaan mendasar tentang kulit kering dan dehidrasi ini lho! Jenis kulit kering terjadi karena produksi minyak alami yang sangat minim sehingga menyebabkan teksturnya jadi terasa kering dan mudah terlihat bersisik. Sementara itu, kulit dehidrasi mengacu pada kondisi kulit yang kekurangan cairan sehingga terlihat kusam dan terasa kencang.

Meskipun berbeda, tapi kedua kondisi kulit ini yang menjadi salah satu penyebab utama kulit tampak bersisik. Jadi, penting untuk selalu memperhatikan kondisi kulit untuk mengatasi masalah kulit bersisik yang bisa mengganggu penampilan ini.

2. Faktor Cuaca Ekstrem

Selain faktor internal yang disebabkan oleh kondisi kulit itu sendiri, ternyata faktor eksternal juga bisa menjadi penyebab masalah kulit bersisik yang mengganggu penampilan ini. Misalnya saja paparan sinar matahari terik yang mengenai kulit bisa memberikan efek kulit kering hingga menimbulkan kondisi bersisik.

Nggak hanya itu saja, cuaca dingin dan berangin juga bisa mengikis kelembapan alami kulit yang membuat kondisinya jadi terasa kering dan bersisik. Oleh karena itu, berikan perlindungan optimal pada kulit saat beraktivitas di luar rumah.

3. Penggunaan Produk Kimia yang Berlebihan

Paparan bahan kimia yang terlalu keras dan terjadi secara terus-menerus juga bisa menjadi penyebab kulit bersisik yang mengganggu penampilan. Misalnya saja ketika menggunakan produk pembersih lantai atau deterjen yang digunakan sehari-hari.

Selain itu, perhatikan juga produk sabun mandi, skincare, dan body care yang digunakan sehari-hari. Pastikan setiap produk yang dipakai tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan masalah pada kulit, seperti kering dan bersisik.

4. Tanda Penuaan Dini

Tanda penuaan dini nggak hanya bisa dilihat dari munculnya kerutan dan garis halus di wajah saja. Jika kulit mengalami kondisi kering dan bersisik yang cukup parah, bisa jadi pertanda kalau kulitmu mengalami masalah penuaan dini yang harus segera diwaspadai.

Ya, ketika kulit mengalami tanda penuaan dini, hal tersebut menyebabkan produksi kolagen menurun. Padahal, kolagen merupakan salah satu komponen penting yang menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Seiring dengan produksi kolagen menurun, kulit akan kehilangan elastisitasnya, teksturnya pun terlihat lebih kering, kasar dan bersisik.

5. Masalah Kesehatan

Selain beberapa kondisi di atas, ternyata kulit bersisik juga bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yang dialami. Salah satunya adalah dermatitis atopik, yaitu kondisi di mana kulit jadi kering, pecah, gatal dan menunjukkan warna kemerahan. Dermatitis adalah kondisi peradangan pada kulit, sementara atopik mengacu pada orang yang memiliki alergi misalnya lewat sabun mandi, detergent, dan parfum.

Masalah kesehatan lainnya adalah psoriasis, yaitu ketika area di kulit menunjukkan sisik putih keperakan yang menutupi kulit tebal merah. Psoriasis biasanya terjadi karena sel kulit baru tumbuh lebih cepat dari biasanya, tapi sel kulit lama gagal terkelupas sehingga menyebabkan penebalan, gatal, dan luka.

Atasi Kulit Bersisik Lewat Perawatan Sehari-hari

Karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, kulit bersisik sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Lakukan beberapa perawatan berikut ini yang bisa menjadi solusi atasi kulit kering yang mengganggu penampilan.

1. Gunakan Pelembap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab kulit bersisik adalah karena kondisinya yang kering. Jadi, langkah penting untuk melakukan perawatan yang tepat adalah dengan menggunakan pelembap secara rutin. Sebagai informasi, produk skincare yang satu ini sangat penting dipakai secara rutin untuk mengunci kelembapan alami pada kulit.

Jika ingin atasi kulit bersisik dengan maksimal, pilih moisturizer atau pelembap yang mengandung formula untuk menjaga kelembapan. Misalnya saja hyaluronic acid yang memiliki kemampuan utama untuk mengikat molekul air di dala kulit. Jadi, kulit semakin terjaga kelembapannya, lebih kencang, kenyal dan glowing.

Selain hyaluronic acid, glycerin juga menjadi slaah satu bahan utama dalam skincare yang bersifat humektan atau menarik air ke dirinya sendiri. Hal ini membantu menjaga tingkat hidrasi kulit sehingga mencegahnya dari kondisi kering, dehidrasi, dan bersisik.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Selain menjaga kelembapan alami kulit, jangan lupa berikan perlindungan ketika beraktivitas di luar rumah. Bukan rahasia lagi kalau sinar matahari jadi salah satu faktor penyebab kulit kering dan terbakar. Kondisi bersisik pun bisa terjadi jika tidak memberikan perlindungan yang tepat.

Nah, saatnya berikan perlindungan dengan pemakaian sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah. Sunscreen dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari jika digunakan secara tepat. Aplikasikan sunscreen 2 ruas buku jari secara merata pada area wajah dan leher. Jangan lupa lakukan aplikasi sunscreen ulang setiap 2 jam sekali.

3. Bersihkan Kulit Secara Rutin dengan Produk yang Tepat

Membersihkan kulit jadi salah satu basic skincare penting untuk menjaganya tetap sehat. Ya, jangan asal mencuci wajah saja, tapi perhatikan juga teknik yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dialami, termasuk kulit bersisik.

Lakukan ritual membersihkan wajah double cleansing yang bisa mengangkat kotoran dengan sempurna. Jadi, tidak terjadi penumpukan sisa makeup, minyak, dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi kulit bersisik.

Jika ingin atasi kulit bersisik, jangan lupa pilih produk pembersih yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu. Bagi pemilik kulit kering, pastikan produk pembersih dan sabun wajah yang dipakai dapat menjaga kelembapan alami, tidak menimbulkan sensasi kulit yang seperti ketarik. Hal ini untuk mencegah kulit mengalami iritasi.

4. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Kulit yang tampak bersisik juga bisa disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang tidak terangkat sempurna. Regenerasi kulit baru jadi tidak bisa berjalan dengan maksimal, sehingga menyebabkan tekstur kulit jadi kasar dan bersisik.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah melakukan eksfoliasi secara rutin. Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, disarankan eksfoliasi dengan chemical exfoliator yang mengandung AHA/BHA. Namun, hindari overexfoliating supaya tidak menyebabkan iritasi ya!

5. Hindari Suhu Air Terlalu Panas

Mandi dengan suhu air yang terlalu panas memang terasa pampering banget, terlebih setelah melalui hari yang melelahkan. Tapi, jika ingin atasi kulit bersisik yang mengganggu penampilan, sebaiknya hindari suhu air yang terlalu panas baik untuk mandi atau mencuci wajah.

Suhu air yang panas bisa mengikis kelembapan alami di dalam kulit yang menyebabkan kondisinya terasa semakin kering. Kemungkinan mengalami kulit bersisik semakin parah pun bisa terjadi.

6. Gunakan Lotion untuk Tubuh

Jika kondisi kulit bersisik yang dialami di area bagian tubuh seperti lengan atau kaki, gunakan lotion sesegera mungkin setelah mandi. Dalam kondisi kulit yang lembap setelah mandi, kandungan pelembap dalam lotion bisa diserap sempurna oleh kulit. Hal ini membantu kulit mengunci kelembapan alami sehingga meminimalisir efek kulit kering dan bersisik.

7. Pakai Handuk Microfiber

Jangan lupa perhatikan juga pemilihan handuk yang dipakai untuk mengeringkan kulit setelah mandi. Handuk yang terlalu kasar bisa menyebabkan gesekan pada kulit yang semakin memperparah kondisi kulit bersisik. Jadi, cobalah untuk menggunakan handuk microfiber yang bisa membantu mengeringkan tubuh dengan lembut sekaligus atasi kulit bersisik yang mengganggu.

8. Andalkan Masker Yoghurt

Salah satu bahan alami yang bisa diandalkan untuk mengatasi masalah kulit bersisik adalah yoghurt. Bahan tersebut mengandung asam laktat yang dapat membunuh bakteri penyebab kulit kering. Cara mengolah masker yoghurt juga mudah kok, ambil setengah gelas yoghurt dan campurkan dengan madu. Aplikasikan pada kulit yang mengalami masalah kering dan bersisik. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

9. Aplikasikan Masker Oatmeal

Manfaat masker oatmeal memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Bahan alami yang satu ini mengandung senyawa avenanthramides, yaitu antioksidan dan anti-inflamasi yang bekerja untuk menenangkan kulit gatal, kering dan iritasi. Selain itu, masker oatmeal juga dapat membantu mengatasi pertumbuhan jerawat.

Jika ingin melakukan perawatan kulit dengan masker oatmeal, mudah banget. Campurkan oatmeal yang sudah digiling halus dengan madu. Setelah itu, aplikasikan merata pada kulit, diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.

10. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Atasi kulit bersisik dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memang dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Misalnya dengan perbanyak sayur dan buah yang kaya kandungan air sekaligus dapat menutrisi kulit, menjadikannya lembap alami.

Ada beberapa rekomendasi sayur dan buah yang bisa jadi pilihan untuk atasi kulit bersisik. Misalnya saja alpukat yang kaya lemak sehat sehingga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit, jeruk yang kaya kolagen untuk meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, serta brokoli yang kaya kandungan vitamin C, lutein dan zinc untuk menutrisi kulit dari dalam.

11. Manfaatkan Humidifier

Penggunaan humidifier sangat disarankan bagi pemilik kulit kering dan bersisik. Tingkat kelembapan lingkungan yang rendah bisa mengganggu fungsi skin barrier dan melemahkan kondisi kulit. Hal ini bisa memicu kulit kering dan bersisik. Disarankan untuk menggunakan humidifier di rumah, seperti di kamar yang bisa menjaga kesehatan kulit di malam hari.

12. Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh

Last but not least, jangan lupa selalu perhatikan kebutuhan hidrasi tubuh yang sangat penting untuk mengatasi masalah kulit kering dan bersisik. Idealnya, minum air 8 gelas setiap hari. Namun, kebutuhan ini sendiri berbeda-beda tergantung usia dan aktivitas sehari-hari dari masing-masing orang. Dehidrasi tak hanya mengganggu fungsi tubuh, tapi juga bisa membuat kulit tampak kusam dan bersisik.

Deretan tips di atas bisa jadi andalan untuk atasi kulit bersisik yang jadi dilema dan mengganggu penampilan. Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

https://www.fimela.com/beauty/read/5525370/atasi-kulit-bersisik-yang-mengganggu-penampilan-12-perawatan-rutin-ini-bisa-jadi-solusinya


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.