Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Gelombang Rossby dan Kelvin Aktif, Waspada Sumatera Diintai Angin Kencang


Baturajaradio.com
Masyarakat Kabupaten OKU diminta mewaspadai potensi angin kencang yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Peringatan ini disampaikan Kepala BPBD Kabupaten OKU Januar Effendi melalui Manager Pusdalops Gunalfi, Senin 4 Desember 2023.

Berdasarkan analisa cuaca yang dimonitor dari data BMKG, BNPB, dan meteorologi dunia, terdeteksi adanya gelombang atmosfir seperti gelombang rossby dan kelvin yang aktif di bagian selatan Sumatera.

“Gelombang ini mempengaruhi pertumbuhan awan-awan penghujan serta berpotensi terjadinya angin kencang di beberapa wilayah Sumatera, ” ujarnya.

Karena potensi bencana hidrometeorologi type basah ini, pihaknya meminta masyarakat untuk mewaspadainya.

“Bisa mengakibatkan banjir, tanah longsor, angin kencang/ puting beliung terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, ” pesannya.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu persisnya pada Sabtu 2 Desember 2023 sekitar pukul 17.00 wib, pohon berukuran cukup besar tumbang.

Meski tidak ada korban jiwa, namun tumbangnya pohon yang menutup separuh badan jalan, membuat lalulintas sedikit tersendat.

Diduga, tumbangnya pohon peneduh di tepi jalan poros Desa Batuputih Kecamatan Baturaja Barat ini, lantaran terdorong tiupan angin kencang disertai hujan. 

(https://okusatu.id/gelombang-rossby-dan-kelvin-aktif-waspada-sumatera-diintai-angin-kencang/2/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.