Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Periode Agustus 269 Titik Hotspot Terpantau di Muba, Kepala BPBD : Tidak Semua Hotspot Karhutbunlah


Baturajaradio.com --
Sebanyak 269
 Titik Hotspot terpantau di Kabupaten Musi Banyusin (Muba) pada periode Agustus 2023.

Munculnya Titik Hotspot di Bumi Serasan Sek



ate tersebut tidak terlepas dari musim kemarau panjang yang melanda Kabupaten Muba sejak beberapa bulan terkahir.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muba, H Pathi Riduan menyebutkan, Titik Hotspot di Kabupaten Muba per Agustus 2023 berjumlah 269 yang tersebar di beberapa kecamatan. 


"Adapun sejumlah kecamatan yang terdapat Titik Hotspot yakni Bayung Lencir, Batanghari Leko, Sungai Keruh, dan Sanga Desa," kata Pathi, Senin (11/9/2023).


Lanjutnya, Titik Hotspot yang terpantau tersebut tidak sepenuhnya kebakaran hutan kebun dan lahan (Karhutbunlah).


Melainkan dari sejumlah faktor alam seperti pembungan gas dan lainnya. 


"Ada juga terpantau dari kegiatan illegal driling, ruang panas pembuangan gas, cerobong asap, dan hamparan panas lahan terbuka. Jadi tidak semua Titik Hotpsot itu karhutbunlah," ungkapnya.


Terkait pencegahan karhutbunlah, sudah ada Pos Komando Satuan Tugas Siaga Darurat Bencana Asap akibat Karhutbunlah di Wilayah Kabupaten Muba yang tertuang dalam Keputusan Bupati No.153/KPTS-BPBD/2023 TGL 23 Februari 2023. 


"Kendati hal tersebut, pihaknya sudah siap membantu secara maksimal upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutbunlh) baik personil maupun sarana dan prasarana," ujarnya.


Hujan yang sempat mengguyur Kabupten Muba kemarin membut Kabupaten Muba zero hotspot. "Alhamdulillah hujan kemarin sangat membantu, pada hari ini Muba zero titik hotspot," pungkas Pathi Riduan. (dho)



Sumber Artikel ::https://palembang.tribunnews.com/2023/09/11/periode-agustus-269-titik-hotspot-terpantau-di-muba-kepala-bpbd-tidak-semua-hotspot-karhutbunlah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.