Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pengertian Etos Kerja dan Karakter Pemiliknya, Apakah Kamu Salah Satunya?

 




Baturaja Radio.com - Apakah kamu salah satu sosok yang memiliki etos kerja tinggi? Ini dia pengertian dan karekter seseorang yang memiliki etos kerja yang baik!

Apakah kamu pernah menemukan syarat “memiliki etos kerja” dalam sebuah lowongan pekerjaan? Ya, etos kerja memang penting untuk dimiliki oleh karyawan.

Dalam mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan, diperlukan orang-orang yang memiliki etos kerja yang tinggi. Tak hanya berguna bagi perusahaan, etos kerja juga penting untuk dimiliki secara individual untuk pengembangan karier di masa depan.

Pengertian Etos Kerja

Apa itu etos kerja? Etos kerja adalah sebuah karakteristik yang terdiri dari semangat, nilai, prinsip, yang menggerakan seseorang melakukan hal-hal positif. Sederhananya, etos kerja adalah semangat kerja yang membuat seseorang memberikan yang terbaik bagi perusahaan ataau organisasi.

Ciri-ciri Orang dengan Etos Kerja Tinggi

Setelah kamu mengetahui definisinya, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana etos kerja tergambarkan dalam perilaku sehari-hari. Simak ciri-ciri karyawan dengan etos kerja di bawah ini.

1. Bertanggung Jawab

Hal yang paling dasar dari ciri-ciri orang yang memiliki etos kerja adalah bertanggung jawab atas tugas atau pekerjaannya. Seseorang dengan etos kerja yang tinggi akan berusaha mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin.

2. Inisiatif

Ciri-ciri lain dari orang yang memiliki etos kerja adalah inisiatif. Inisiatif adalah melakukan dan memberikan masukan yang dirasa baik pada perusahaan untuk kepentingan bersama tanpa harus ditugaskan.

Inisiatif ini merupakan sifat yang berdasar dari rasa ingin memberikan yang terbaik pada diri sendiri dan perusahaan.

3. Memiliki Orientasi Masa Depan

Orang dengan etos kerja pasti memiliki orientasi masa depan baik bagi perusahaan atau dirinya sendiri. Ia tahu apa goal atau tujuan yang ingin dicapai oleh dirinya dan perusahaan.

Selain itu, ia juga tahu apa yang harus dilakukan hari ini agar mencapai tujuan tersebut di kemudian hari.

4. Menghargai Waktu

Apakah kamu seorang deadliners? Mungkin kamu perlu mengubah kebiasaan ini karena menghargai waktu adalah salah satu ciri-ciri orang yang memiliki etos kerja.

Karyawan dengan etos kerja tidak ingin menyiakan waktunya dan mengelola waktunya dengan baik. Waktu yang dikelola  pun bukan hanya waktu saat di kantor namun juga saat di rumah seperti waktu istirahat dan waktu untuk pekerjaan tambahan.

5. Disiplin

Disiplin adalah sebuah kunci dari menumbuhkan etos kerja. Motivasi bisa saja naik turun. Namun, jika kedisiplinan sudah tumbuh, seorang karyawan akan tetap melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan tepat waktu.

6. Mampu Bekerja Sama

Etos kerja tak hanya tentang bekerja untuk diri sendiri namun juga tentang memberikan dampak yang besar pada perusahaan. Apalagi mengingat perusahaan tersusun dari berbagai tim yang secara tidak langsung saling terhubung.

Oleh karena itu, ciri orang dengan etos kerja yang baik adalah mampu bekerja sama dengan baik.

Cara Menumbuhkan Etos Kerja

Etos kerja memang tidak tumbuh begitu saja, ada peran sosial budaya hingga kebiasaan di keluarga yang memengaruhi hal ini. Jika kamu merasa perlu meningkatkan etos kerja, kamu dapat mencoba hal-hal di bawah ini

1. Mencari Contoh atau Inspirasi

Jika kamu merasa belum memiliki etos kerja, mungkin kamu hanya perlu mencari seorang yang menginspirasi atau dapat dicontoh. Dengan mengetahui orang seperti apa yang patut dicontoh akan memudahkanmu untuk termotivasi.

2. Memilih Lingkungan yang Baik

Sebagai makhluk sosial, tentunya kita perlu berinteraksi dengan orang lain. Namun, kamu harus memilih dengan siapa kamu berteman.

Dikelilingi dengan orang yang sama-sama memiliki etos kerja akan memudahkanmu menjadi karyawan yang lebih baik daripada jika dikelilingi oleh orang-orang yang malas.

3. Membiasakan Diri

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karyawan dengan etos kerja tinggi akan memberikan usaha terbaik yang dia bisa untuk pekerjaannya. Kamu dapat memulai untuk menaruh usaha maksimal untuk mengerjakan setiap tugas.

Jika belum terbiasa, mulanya mungkin akan sulit. Namun jika sudah terbiasa bekerja sepenuh hati, kamu akan merasa kehilangan saat mengerjakan pekerjaan dengan tidak maksimal.

Nah itu dia apa yang dimaksud dengan etos kerja. Ungkapan diatas yang termasuk kategori etos kerja adalah karakter diri seseorang yang memiliki etos kerja tinggi.

Perlu diingat, Toppers, untuk memiliki etos kerja, kamu tak hanya harus menumbuhkan motivasi dalam diri, namun juga perlu selalu mengasah kemampuan agar semakin andal dalam pekerjaanmu.

https://www.tokopedia.com/blog/pengertian-dan-karakter-etos-kerja-krj/


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.