Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Siap-siap, 30 Agustus Bisa Lihat Blue Moon


Baturajaradio.com --
Agustus 2023 menyuguhkan fenomena menarik bagi para pengamat langit dengan kehadiran dua supermoon. Setelah kemunculan Sturgeon Moon di awal Agustus, kita akan melihat Blue Moon pada 30-31 Agustus.

Supermoon yang sekaligus juga adalah Blue Moon ini, termasuk jarang terjadi. Jadi, pastikan kalian bersiap-siap agar tidak melewatkan keindahannya.

Terjadinya Supermoon

Seperti dikutip dari Earth.com, supermoon terjadi ketika orbit Bulan purnama membuatnya paling dekat dengan Bumi. Dijelaskan oleh NASA, orbit Bulan mengelilingi Bumi tidak melingkar sempurna melainkan berbentuk seperti oval memanjang, atau elips.

Hal ini menyebabkan Bulan berosilasi antara jarak yang lebih dekat dan lebih jauh dari planet asal kita saat menyelesaikan siklus orbitnya.

Titik terjauh yang ditempuh Bulan dari Bumi disebut sebagai apogee, yakni ketika Bulan berada pada jarak rata-rata 405 ribu km. Sebaliknya, titik ketika Bulan paling dekat dengan Bumi dikenal sebagai perigee, dengan jarak Bulan kira-kira 360 ribu km dari Bumi.

Pendekatan Menyebabkan Supermoon

Pada tahap perigee itulah supermoon terjadi, saat Bulan purnama sejajar dengan jarak terdekat Bulan ke Bumi. Jika diamati dari Bumi, supermoon cenderung tampak lebih besar dan lebih terang dibandingkan bulan purnama biasa, meski perbedaannya tipis.

Siklus supermoon tahun ini sangat istimewa karena keempat kejadian tersebut terjadi secara berurutan. Supermoon pertama tahun ini muncul pada 3 Juli, dan supermoon terakhir dari seri ini akan terjadi pada 29 September.

Apa itu Blue Moon?

Istilah Bulan biru atau Blue Moon tidak mengacu pada warna Bulan melainkan frekuensinya. Blue Moon adalah nama yang diberikan untuk Bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender. Karena purnama umumnya muncul setiap 29 hari, dan karena sebagian besar bulan terdiri dari 30 atau 31 hari, ada kemungkinan dua purnama jatuh dalam bulan yang sama.

Blue Moon adalah peristiwa langka yang biasanya terjadi kira-kira setiap dua setengah tahun. Di tahun ini, Agustus akan menjadi tuan rumah bagi terjadinya dua bulan purnama, dan istimewanya lagi, keduanya merupakan supermoon.

Blue Moon bisa dilihat dari mana saja dengan mata telanjang, asalkan langit cerah. Kalian yang berencana mengamati peristiwa ini, sebaiknya cari lokasi yang jauh dari lampu perkotaan untuk mendapatkan pemandangan yang paling jelas. Juga, kalian bisa menggunakan teleskop bahkan teropong yang bagus untuk meningkatkan pengalaman menyaksikan keindahan langit malam.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.