Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Jarang Disadari, Ini 4 Daun Penghilang Flek Hitam di Wajah

 





Baturaja Radio.com - “Ada beberapa daun yang bisa membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Salah satunya adalah daun jambu biji yang bisa kamu olah menjadi masker wajah.”

Flek hitam adalah masalah kulit yang ditandai dengan area kulit yang lebih gelap dari warna kulit sekitarnya. Penyebabnya adalah peningkatan produksi melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Peningkatan melamin ini dapat terjadi akibat sejumlah faktor. Misalnya seperti paparan sinar ultraviolet berlebih dan penuaan. Untuk mengatasinya, sebenarnya flek hitam tidak selalu membutuhkan penggunaan skincare

Sebab, ada berbagai daun yang dapat digunakan untuk mengatasinya. 

Beberapa Daun Penghilang Flek Hitam di Wajah

Berikut adalah sejumlah daun yang dapat membantu menghilangkan flek hitam di wajah: 

1. Daun Jambu Biji

Menurut penelitian pada 2022 silam, daun jambu biji memiliki banyak senyawa bioaktif yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit tubuh. Mulai dari flavonoid, saponin, alkaloid, quercetin hingga tannin. Sejumlah kandungan yang disebutkan barusan bersifat antioksidan, sehingga dapat membantu mengurangi tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam. 

Untuk menghilangkan flek hitam, kamu bisa mengolah daun ini menjadi masker wajah. Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang terbuat dari daun ini.  Selain itu, daun jambu biji juga bermanfaat dalam meredakan diare. 

2. Daun Pandan

Daun pandan juga dapat menjadi pilihan untuk mengurangi flek hitam secara alami. Sebab, daun pandan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Kedua sifat tersebut dapat membantu meredakan peradangan kulit dan memperbaiki kondisi kulit, termasuk flek hitam. 

Namun, perlu diingat bahwa efektivitasnya bisa bervariasi pada setiap orang. Jika ingin mencobanya, kamu bisa membuat masker daun pandan dengan langkah berikut: 

  • Ambil beberapa lembar daun pandan segar dan cuci bersih.
  • Haluskan daun pandan dengan bahan lain, seperti yogurt atau madu, untuk membuat masker.
  • Oleskan masker ini ke wajah dengan lembut, hindari area mata dan mulut.
  • Biarkan masker selama sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang terbuat dari daun pandan. 

3. Daun Teh Hitam

Penelitian pada hewan yang terbit pada 2011 silam menemukan bahwa air teh hitam mencerahkan bintik hitam pada marmut. Untuk mencoba perawatan hiperpigmentasi agar flek hitam berkurang, kamu bisa mengoleskan air daun teh hitam ini. Berikut adalah langkahnya: 

  • Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam segar ke secangkir air mendidih.
  • Seduh selama dua jam (sampai dingin) dan saring untuk membuang daunnya.
  • Rendam bola kapas dalam air teh dan oleskan ke area hiperpigmentasi, dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari selama enam hari seminggu, selama empat minggu.

Tak cuma untuk kulit, teh hitam juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

4. Daun Katuk 

Pilihan daun penghilang flek hitam di wajah selanjutnya adalah daun katuk. Sebab, daun katuk mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah niacinamide yang efektif dalam mengobati masalah pigmentasi kulit dan membantu produksi protein kulit dan mempertahankan kelembapan kulit. 

Menurut dr Astrid Teresa, Sp.KK yang dikutip dari salah satu video kanal YouTube Halodocniacinamide adalah salah satu kandungan produk perawatan kulit yang bermanfaat. Karena itu, pastikan untuk memilih produk dengan kandungan ini.  

Kamu juga bisa membuat masker wajah dari daun katuk, berikut caranya:

  • Cuci bersih daun katuk di bawah air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan debu.
  • Tumbuk atau blender daun katuk hingga menjadi pasta halus.
  • Tambahkan sedikit air bersih jika diperlukan agar kekentalan pasta masker sesuai. 
  • Oleskan pasta daun katuk yang sudah halus ke wajah. 
  • Biarkan masker selama sekitar 15-20 menit, setelahnya, bilas masker dengan air bersih. 

Kamu bisa mengulangi penggunaan masker ini secara teratur, misalnya seminggu sekali, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Itulah beberapa daun penghilang flek hitam di wajah. Jika kamu atau anggota keluargamu masih memiliki pertanyaan seputar perawatan kulit, segeralah hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc. Saran medis yang tepat tentu dapat membantu mengatasi masalah kulit secara optimal.

https://www.halodoc.com/artikel/jarang-disadari-ini-4-daun-penghilang-flek-hitam-di-wajah

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.