Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tetap Produktif, Ini Tips Bekerja di Luar Saat Cuaca Panas

 




Baturaja Radio.com - Belakangan ini, suhu panas melanda sejumlah daerah. Suhu panas ini berdampak langsung bagi Sahabat Dream yang bekerja di lapangan atau harus sering-sering keluar kantor. Selain menurunkan produktivitas, cuaca panas juga bisa membuat seorang karyawan dehidrasi.

ada enam tips yang bisa kamu ikuti agar tubuhmu tak kekurangan cairan dan produktivitas kerja tetap terjaga.

Pertama, menambah porsi minum air putih. Saat matahari terik-teriknya, pilihan minuman yang terbaik bagi tubuh adalah air putih. Minuman ini akan menggantikan cairan tubuh yang terbuang melalui keringat.

Normalnya, seseorang minum air 8 gelas per hari. Saat cuaca panas, setidaknya kamu minum 10-13 liter per hari.

Ke dua, minum sebelum haus. Jangan pernah menunda minum air putih kapan pun kamu punya kesempatan. Tujuannya untuk menghindari dehidrasi. Jangan sampai menunggu kerongkongan kering.

Aktivitas yang padat memang membuat kamu seringkali lupa untuk minum air putih. Untuk menghindari hal tersebut, manfaatkan aplikasi atau fitur alarm di ponsel sebagai pengingat waktu minum air putih.

Jangan Paksakan Tubuh

Ke tiga, jangan memaksakan tubuh beraktivitas di bawah terik matahari saat tubuhmu sedang tidak sehat. Perlu diperhatikan, cuaca panas memicu berbagai penyakit timbul.
Jangan lupa memeriksakan kondisi tubuh jika punya riwayat penyakit seperti kardiovaskular, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. Konsultasikan juga ketahanan tubuh terhadap panas jika kamu mengkonsumsi obat-obatan khusus.

Jangan Salah Kostum

Ke empat, pakailah pakaian yang tepat. pakaian dan celana dengan bahan yang nyaman untuk digunakan beraktivitas di bawah sinar matahari. Hindari juga warna-warna gelap yang menyerap panas.

Jangan lupa untuk kenakan aksesori tambahan jika dibutuhkan seperti topi, kacamata hitam, payung, dan tabir surya agar kulit tetap lembab.

Konsumsi Buah-buahan

Ke lima, konsumsilah buah-buahan. Di tengah cuaca panas, sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi. Misalnya, semangka dan belimbing.

Selain memberi variasi dari upaya mencegah dehidrasi lewat air putih, memakan buah-buahan bisa menambah asupan kalori yang menyumbang energi untuk mendukung aktivitas sepanjang hari.

Cek Warna Urine

Ke enam, sering-sering mengecek warna urine. Meminum banyak air putih atau buah-buahan dengan kandungan air tinggi otomatis akan meningkatkan frekuensi buang air kecil kamu. Manfaatkan momentum di toilet tersebut untuk mengecek warna air seni alias urine kamu untuk memastikan kebutuhan cairan tercukupi atau tidak.

Jika warnanya jernih, tandanya kebutuhan cairan kamu tercukupi dengan baik. Sebaliknya, bila urin berwarna kuning pekat, kamu harus menambah asupan cairan saat itu juga.

https://www.dream.co.id/dinar/tetap-produktif-ini-tips-bekerja-di-luar-saat-cuaca-panas-191022i.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.