Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Perbaikan Jalan Rusak Menuju IKN Dikebut, Target Kelar Desember 2023



Baturajaradio.com -- Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan perbaikan jalan rusak di daerah telah berjalan mulai Juli ini. Salah satunya jalan daerah pendukung ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Pasir Utara.

Perbaikan jalan rusak di berbagai daerah merupakan perintah Presien Joko Widodo (Jokowi) melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Saya kemarin di Makassar juga sudah dimulai di Kalimantan sudah dimulai. Di Kalimantan Timur ini dari Rp 7,4 triliun, itu ada 3 jalan untuk mendukung IKN," kata Basuki saat meninjau perbaikan jalan daerah di Kabupaten Penajam Pasir Utara, Kalimantan Timur, Jumat (28/7/2023).

Menurutnya perbaikan jalan ini akan membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian dan mempercepat mobilitas. Karena saat ini kondisi jalan tersebut memang sangat rusak.

Berdasarkan informasi yang diterima detikcom di lokasi, salah satu jalan kabupaten di IKN yang sudah berjalan adalah jalan pendukung IKN yang menghubungkan akses Bendungan Sepaku Semoi menuju Wisata Goa Batu sampai Tapak Raja. Jalan ini dibangun dalam dua tahap dan targetnya selesai 31 Desember 2023.

Secara detail panjang perbaikan jalan kabupaten pendukung IKN ini sepnjang 9,70 kilometer (KM). Tahap pertama dibangun 4,8 km dengan dana kontrak Rp 34,08 miliar. Kedua, 3,5 km yang terkontrak Rp 33,27 miliar.

Sepanjang jalan tersebut tak ada jalan beraspal atau dengan beton. Jalan didominasi bebatuan. Debu juga berterbangan ketika jalur tersebut dilewati karena sejumlah kendaraan.

Jalan kabupaten tersebut sangat berkelok-kelok dan naik-turun. Bahkan banyak titik saat jalur tanjakan, jalannya rusak sehingga memperlambat laju kendaraan baik mobil dan motor.

Oleh sebab itu, Basuki ingin jalan kabupaten pendukung IKN diperbaiki agar bisa meningkatkan mobilitas dan ekonomi masyarakat setempat.

"Jadi kalau IKN maju kalau ini nggak dirawat dan diperbaiki kan jadi jomblang. Jadi ini bendungan sepaku semoi, sekarang di sini, IKN di sebelah ini, jadi ini buka sayuran, telur ayam," terangnya.

"Ini jalan Kebupaten Penajam Pasir Utara yang melayani transmigrasi, jadi banyak sawit," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan mengatakan sejak awal terkontrak proses penggarapan langsung dilakukan.

"Baru tekontrak senin kemarin. Ini sudah mulai, kita sudah mulai kerja kita sudah mulai hari pertama sudah turun alat berat. Tadi sudah banyak yang dilihat dibuka seperti itu akhrinya nanti selesai 31 Desember," tuturnya.

Sumber artikel :: selengkapnya https://finance.detik.com/infrastruktur/d-6847409/perbaikan-jalan-rusak-menuju-ikn-dikebut-target-kelar-desember-2023.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.