Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

UPDATE Harga Kopi Hari Ini Meroket Naik, di OKU Selatan Tembus Rp28 Ribu Per Kilogram


Baturajaradio.com
- Harga hasil Bumi Kopi di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) merangkak naik, pekan ini harga jual di tengkulak tembus Rp 28.000 perkilogramnya.

Harga Kopi yang terus mengalami kenaikan menjadi angin segar bagi para petani Kopi yang sudah mulai melakukan pemanenan, bahkan rela dengan menaikan upah pemetikan buah.

"Normalnya perkarung Rp 20 ribu, karena harga kopi naik ikut naik menjadi Rp 30 ribu,"terang Rojali, salah seorang petani Kisam Raya dibincangi, Senin (8/5).

Dikatakannya, petani mensiasati dengan menaikan upah pemanenan untuk menarik minat para petani dalam membantu pemanenan mengingat petani sudah mulai disibukan dengan pekerjaan ladang masing-masing.

"Kalau tidak dinaikan, petani sibuk dengan pekerjaan masing-masing, untungnya masing tertolong oleh harga saat,"bebernya.

Disisi lain, buah kopi yang sudah matang dihadapkan cuaca yang kurang bersahabat musim penghujan juga menjadi salah satu penyebab bagi para petani menggenjot waktu pemanenan. 

Petani lainnya Andi, bersyukur dengan hasil bertani bumi tahunan khususnya kopi tahun ini naik 30 persen jika dibanding tahun lalu.

Diakuinya, khususnya kopi di Kabupaten OKU Selatan saat ini memang bergantung pada harga jual Kopi di luar daerah yakni Provinsi Lampung. 

"Untuk harga sudah sejak puluhan tahun memang bergantung pada harga dari Lampung, Dalam setiap kali panen pertahunnya bisa ribuan ton kopi dikirim oleh tauke,"ungkap Andi.

Sumber: Sriwijaya Post

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.