Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Murah dan Bergizi, Ini 5 Manfaat Oncom bagi Kesehatan



 Baturaja Radio.ComOncom termasuk makanan yang mudah didapatkan, terlebih di daerah Jawa Barat. Ternyata, makanan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat melancarkan sistem peredaran darah.”

Oncom merupakan makanan yang dibuat melalui proses fermentasi dari kacang kedelai. Makanan khas Indonesia ini memiliki rasa yang nikmat dan juga kaya akan berbagai kandungan nutrisi menyehatkan.

Makanan sehat ini punya benefit protein, kalsium, fosfor, dan zat besi. Semua nutrisi ini dibutuhkan tubuh agar dapat memastikan berbagai organ di dalamnya bekerja dengan normal.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi oncom secara rutin. Maka dari itu, jangan ragu untuk memasukkan makanan ini ke menu harian.

Berbagai Manfaat Oncom untuk Kesehatan

1. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Setiap 100 gram oncom memiliki kandungan zat besi sebesar 27 mg, niasin sebesar 1,6 mg, serta fosfor sebesar 115 mg. Angka tersebut cukup tinggi dan dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

  • Zat besi: Dapat mencegah anemia.
  • Niasin: Dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, serta mengurangi risiko penyakit pembuluh darah.
  • Fosfor: Dapat mencegah terjadinya stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Sistem Reproduksi dan Kehamilan

Pada 100 gram oncom mengandung 13 gram protein, 27 mg zat besi, 1,6 mg niasin, serta 115 mg fosfor. Berbagai kandungan ini sangat baik dalam menyehatkan sistem reproduksi dan kesehatan janin saat hamil.

Dengan mengonsumsi oncom secara teratur atau sesuai kebutuhan gizi harian, manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Protein dan zat besi: Mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.
  • Fosfor: Mengatur keseimbangan hormonal, terutama kesehatan terkait reproduksi.

3. Kesehatan Sistem Saraf dan Otak

Berbagai kandungan pada oncom, terutama fosfor, zat besi, dan niasin, dapat meningkatkan kesehatan pada sistem saraf dan otak. Manfaat ini bisa dirasakan pada seseorang yang mengonsumsi makanan ini secara rutin. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Niacin: Dapat menjaga kesehatan saraf.
  • Fosfor dan zat besi: Dapat meningkatkan fungsi otak.

4. Kesehatan Tulang

Kandungan zat besi, protein, dan fosfor yang tinggi pada makanan hasil fermentasi ini sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang. Terlebih jika berbagai nutrisi tersebut terpenuhi setiap hari, salah satunya dengan mengonsumsi oncom.

Berikut beberapa manfaat pada tulang yang bisa dirasakan:

  • Zat besi: Dapat meminimalkan peradangan akibat osteoarthritis (radang sendi lutut).
  • Protein dan fosfor: Dapat mendukung dan meningkatkan kesehatan tulang, menurunkan risiko terjadinya pengeroposan tulang, dan mendukung pertumbuhan tulang pada anak.

5. Kesehatan Mulut dan Gigi

Memang, kandungan protein dan fosfor yang tinggi pada oncom dapat memberikan banyak manfaat, termasuk pada kesehatan mulut dan gigi. Berbagai manfaat yang bisa dirasakan, antara lain:

  • Mendukung kesehatan gigi.
  • Mendukung pertumbuhan gigi pada anak.

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapatkan terkait kesehatan dengan mengonsumsi oncom secara rutin. Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan makanan ini pada menu harian yang dikonsumsi, terlebih jika memilih sumber makanan yang murah dengan banyak manfaat.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait berbagai manfaat dari mengonsumsi oncom, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, berbagai kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Maka dari itu, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga

https://www.halodoc.com/artikel/murah-dan-bergizi-ini-5-manfaat-oncom-bagi-kesehatan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.