Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

KPK Beberkan 10 Daerah Rentan Korupsi di Sumsel, Termasuk OKU?


Baturajaradio.com
- Perbaikan sistem kinerja mendesak untuk upaya penekanan potensi budaya korupsi dalam tubuh pemerintah di Sumsel

Namun hasil Survey yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terdapat setidaknya 10 daerah yang ada di Provinsi Sumatera selatan yang terindikasi  rentan Korupsi.

Menurut Survey KPK,  yang diselengarakan badan anti rasuah tersebut, membeberkan hasil survei berdasarkan pantauan internal, eksternal, dan ahli di bidangnya.

Disebutkan, rata-rata indeks Survei Penilaian Integritas (SPI) Sumsel sebesar 65,59 atau jauh dari rata-rata nilai nasional 71,94.

Hal itu dipaparkan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah II Komisi Pemberantasan Korupsi Yudhiawan dalam Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Wilayah Sumsel di Palembang, Kamis (11/5/2023).

Bahkan disebutkannya, pihaknya mendapatkan laporan aduan beserta data yang detail mengenai indikasi korupsi di Sumsel.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun OKES.CO.ID, Kepala Perwakilan Badan BPKP Sumsel Buyung Wiromo Samudro menyebut ada angka penurunan tindak korupsi 

Berdasarkan indeks persepsi korupsi di Indonesia tahun 2022 sebesar 34 poin atau turun empat poin dari tahun lalu.

Kondisi ini menggambarkan masyarakat masih mengalami kecurangan dalam pelayanan publik. Ia menyebutkan tingkat  modus bisa saja dilakukan secara bersamaan.

Artinya, lanjut Buyung, bukan hanya oleh ASN, tak lepas akanmelibatkan pihak swasta. Bahkan, secara nasional, BPKP menemukan kecurangan mencapai Rp 37,01 triliun.

Kondisi ini diperparah dengan pelayanan publik yang masih berbelit-belit, mahal, dan rawan pungutan liar. Selain itu, anggaran kerap kali habis hanya untuk kegiatan atau program yang tidak menyentuh masyarakat sehingga tidak dirasakan dampaknya.


Berikut Ini daftar 10 Daerah yang terindikasi rentan Korupsi:

Daerah itu adalah Provinsi Sumsel, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten OKU Selatan, Kota Palembang, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kota Pagar Alam, dan Kabupaten Empat Lawang.

”Namun, kami masih menelusuri laporan itu sekaligus melakukan upaya pencegahan. Jika (korupsi) masih terjadi, tentu akan ada tindakan,” katanya kepada Wartawan.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru Akan terus meningkatakan upaya penekanan potensi Korupsi. 

Gubernur Sumsel Herman Deru telah berkomitmen memperbaiki tata kelola pemerintahan. Jika ada daerah yang sudah baik, tentu harus menjadi contoh bagi daerah yang masih belum baik.

”Upaya pencegahan harus dilakukan komprehensif sehingga diperlukan peran dari semua pihak, termasuk instansi vertikal. Dengan begitu, pelayanan dan tata kelola pemerintahan bisa berjalan secara transparan,” kata Deru.(*)


( https://okes.disway.id/read/640206/kpk-beberkan-10-daerah-rentan-korupsi-di-sumsel-termasuk-oku/15 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.