Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

7 Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan Tubuh Anda



Baturaja Radio.ComSelain enak dijadikan lalapan atau campuran sayur, pepaya muda juga bisa memberikan banyak manfaat, lho. Yuk, cari tahu apa saja khasiat pepaya muda untuk kesehatan!

Berkulit hijau, berbentuk lonjong, dan punya biji kecil dengan jumlah yang sangat banyak. Ya, apalagi kalau bukan pepaya. 

Buah khas negara tropis ini memiliki rasa manis dan aroma yang khas, sehingga sering dijadikan konsumsi sehari-hari. Tidak hanya yang sudah matang, tapi juga ketika masih dalam keadaan mentah (muda).

Pepaya mentah atau yang masih muda sering dijadikan sebagai lalapan oleh orang Indonesia. Dengan tekstur sedikit garing dan rasa agak hambar, pepaya muda sangat cocok untuk menjadi teman cocolan sambal dan dikonsumsi bersama nasi hangat.

Di balik itu, pepaya muda ternyata juga punya banyak kesehatan, lhoManfaat pepaya muda ini bisa Kamu rasakan, jika dikonsumsi dengan cara dan porsi yang tepat.

Penasaran dengan manfaat buah pepaya muda? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Enzim dan serat yang ada di pepaya dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Konsumsi pepaya muda juga dihubungkan dengan buang air besar yang lebih lancar. Ini membuat Kamu terhindar dari masalah konstipasi atau sembelit.


2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Penelitian pada tikus dalam National Library of Medicine menyebut, obat yang mengandung papain diyakini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Papain adalah senyawa yang terkandung dalam pepaya muda.

Temuan tersebut didukung oleh tinjauan sistematis yang dikeluarkan oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat. 

Papain diduga dapat membantu mengobati berbagai jenis luka luar.

3. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan yang ada di dalam pepaya muda dapat bantu menangkal dampak buruk radikal bebas pada tubuh. 

Seperti diketahui, radikal bebas adalah senyawa berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada tubuh bagian luar maupun dalam. 

Dampak buruk senyawa berbahaya tersebut bisa diminimalkan, salah satunya dengan mengonsumsi pepaya muda secara rutin dan teratur.


4. Menjaga Kesehatan Kulit

Pepaya muda dapat membantu menjaga kesehatan kulit, terutama mengurangi flek hitam. 

Pepaya muda dipercaya mampu mengoptimalkan fungsi tubuh untuk membuang zat racun. Hal ini pun berkontribusi untuk mewujudkan kulit yang sehat, dan bebas flek hitam.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Penelitian dalam National Library of Medicine berpendapat, suplemen protease yang mengandung papain dan enzim lain seperti dalam buah pepaya muda dapat membantu meredakan nyeri otot.

Satu hal yang perlu ditekankan, manfaat pepaya muda dalam meredakan nyeri otot masih bersifat terbatas. Dengan kata lain, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut.


6. Meredakan Nyeri Otot

Penelitian dalam National Library of Medicine berpendapat, suplemen protease yang mengandung papain dan enzim lain seperti dalam buah pepaya muda dapat membantu meredakan nyeri otot.

Satu hal yang perlu ditekankan, manfaat pepaya muda dalam meredakan nyeri otot masih bersifat terbatas. Dengan kata lain, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut.


7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Nah, pepaya mengandung beta karoten tinggi yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A. 

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam buah pepaya juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada retina dan kornea. 

Manfaat pepaya muda untuk kesehatan memang sangat banyak. Namun, bukan berarti Kamu bisa mengonsumsinya sembarangan. 

Pepaya muda bisa menyebabkan alergi, mengingat ada kandungan lateks di dalamnya. Buah ini pun sebaiknya tidak dikonsumsi saat Kamu sedang hamil, karena bisa berbahaya.

Kamu yang sedang rutin mengonsumsi obat pengencer darah juga harus berhati-hati terhadap pepaya muda, karena diduga dapat menurunkan efektivitas obat.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apabila ingin mengonsumsi pepaya muda ketika Kamu sedang rutin minum obat pengencer darah. 

Khasiat pepaya muda untuk kesehatan sangatlah beragam. Namun, Kamu harus tetap berhati-hati dan memperhatikan segala hal yang telah disampaikan di atas agar tidak malah mengalami efek samping merugikan.


https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/sederet-manfaat-pepaya-muda-untuk-kesehatan-tubuh-anda


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.