Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

10 Cara Menghilangkan Bruntusan, Kenali Penyebab dan Skincarenya

 





Baturaja Radio.com - Bruntusan adalah kumpulan jerawat yang biasanya terdapat di permukaan jidat atau dahi. Bruntusan disebut juga dengan jerawat pasir.

Tentunya, kehadiran bruntusan akan mengganggu penampilan kalian, bukan? Oleh karena itu, simak cara apa saja cara menghilangkan bruntusan di jidat yang perawatannya bisa dilakukan di rumah. Berikut penjelasannya.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat
Berikut merupakan cara-cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan di jidat/dahi:

1. Suka Sari Apel
Dikutip dari Healthline, sari cuka apel memang telah dikenal bisa mengatasi jerawat begitu juga bruntusan. Kamu bisa campurkan seperempat bagian cuka apel dengan tiga perempat bagian air untuk dioleskan di sekitar jidat dengan menggunakan kapas.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya adalah cara untuk menghilangkan bruntusan di jidat secara alami. Minyak lidah buaya atau lidah buaya asli bisa dioleskan langsung ke area jidat yang ada bruntusnya.

3. Ekstrak Teh Hijau
Ekstrak teh hijau mengandung zat katekin atau polifenol, senyawa nabati yang memiliki sifat antioksidan, antibiotik, dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut juga kaya akan Epigallocatechin gallate (EGCG) yang telah terbukti bisa memperbaiki jerawat dan kulit berminyak.

Penelitian dalam the National Institutes of Health tahun 2017 yang dilakukan oleh Suzana Saric, dkk, dari School of Medicine, University of California, menemukan bahwa penggunaan ekstrak teh hijau bisa membantu sejumlah orang dalam mengatasi kemerahan serta memperbaiki lesi dan iritasi kulit yang disebabkan oleh jerawat.

4. Suplemen Seng (Zinc)
Seng atau zinc ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami. Kamu bisa meminum suplemen zinc ataupun menggunakannya sebagai pengobatan luar untuk membantu memperbaiki tekstur kulit.

5. Asam Azelat
Asam azelat termasuk bahan yang membantu untuk menghilangkan bruntusan yang bersifat antioksidan yang mampu mencegah penumpukan kulit mati serta membunuh bakteri.

6. Minyak Pohon Teh
Bahan alami untuk menghilangkan bruntusan selanjutnya yaitu minyak pohon teh. Kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak dengan air untuk langsung dioleskan ke jidat.

7. Konsumsi Obat Untuk Menghilangkan Bruntusan
Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami, cara menghilangkan bruntusan juga bisa dilakukan dengan perawatan dokter ahli.
Antibiotik
Retinoid
Pil KB (khusus untuk wanita)
Formulasi benzoil peroksida (krim yang diresepkan untuk mengobati jerawat)
Selain obat yang bisa ditemukan dalam bentuk pil, antibiotik dan retinoid juga ada yang berbentuk krim.

8. Perawatan Kulit
Di samping menerapkan cara menghilangkan bruntusan di jidat yang sudah disebutkan di atas, kamu juga perlu disiplin dalam merawat kulit.

Misalnya, rutin cuci muka dua kali sehari dengan pembersih muka yang lembut dan aman. Cara ini dilakukan untuk mencegah minyak berlebih di kulit.

9. Pengelupasan Kimia
Dilansir Olivia Clinic, perawatan pengelupasan kimia termasuk sebagai cara menghilangkan bruntusan di jidat dengan cepat. Perawatan canggih ini cukup efektif mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Setelah menganalisis jenis kulit dan tingkat keparahan bruntusan, ahli dermatologi akan menyesuaikan pengelupasan kimiawi yang diformulasikan khusus.

Cara tersebut dilakukan untuk menghilangkan kotoran, sel-sel mati, hingga penumpukan sebum berlebih di pori-pori yang akan membuat kulit menjadi bersih.

10. Agen Anti-Androgen
Agen Anti-androgen seperti Spironolactone, Cyproterone Acetate, atau Flutamide bisa digunakan untuk membantu mengurangi munculnya jerawat bruntusan dan noda di wajah maupun jidat.

Anti-androgen bekerja dengan cara memblokir reseptor hormon androgen dalam tubuh. Sehingga, ia akan memperlambat proses produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous.

Penyebab Bruntusan
Biasanya, bruntusan di jidat terjadi karena pengaruh hormon, iritasi dari produk tertentu, dan stres. Dilansir Medical News Today, faktor-faktor yang dapat menyebabkan munculnya bruntusan adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Hormon
Jerawat dan bruntusan di jidat sangat umum terjadi pada masa puber. Pasalnya, selama masa pubertas kadar hormon berfluktuasi secara signifikan.

2. Stres
Hubungan stres dengan munculnya jerawat atau bruntusan juga ada. Namun, belum ada alasan jelasnya secara ilmiah.

3. Penggunaan Obat
Beberapa jenis obat bisa menimbulkan efek samping yang menyebabkan jerawat atau bruntusan. Contohnya yaitu obat steroid tertentu, lithium, barbiturat, atau antikonvulsan.

4. Tidak Menjaga Kebersihan
Kebersihan juga menjadi faktor penyebab bruntusan di jidat. Misalnya, tidak mencuci rambut secara teratur akan membuat minyak di dahi bertimbun. Sehingga, timbunan minyak itu bisa menyumbat yang nantinya menimbulkan jerawat.

5. Iritasi Kulit
Iritasi kulit termasuk penyebab bruntusan, contohnya akibat penggunaan make-up di jidat dan memakai topi. Hal tersebut bisa memicu timbulnya jerawat karena kamu jadi sering menyentuh jidat.

6. Produk Perawatan Rambut
Beberapa produk perawatan rambut seperti minyak, wax, atau gel rambut juga dikaitkan dengan munculnya jerawat atau bruntusan. Kondisi ini disebut pomade acne.

Selain yang disebutkan di atas, ada juga beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan bruntusan di jidat, antara lain:

Bisul
Selulitis (infeksi kulit yang muncul di sekitar goresan atau luka)
Dermatitis kontak (reaksi kulit terhadap produk, seperti deterjen atau pakaian)
Folikulitis (infeksi pada folikel rambut)
Kurap (infeksi kulit akibat jamur)
Rosacea (kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan jerawat di wajah.
Bruntusan bisa muncul di mana saja pada tubuh, termasuk wajah bagian jidat, pipi, bahu, dada, lengan, hingga punggung.

Namun, mengapa bruntusan lebih sering terdapat di jidat? Alasannya karena di area tersebut terdapat kelenjar sebaceous yang menghasilkan zat berminyak (sebum).

Ketika sebum terlalu banyak, dibarengi dengan adanya sel kulit mati dan bakteri, hal itulah yang menyebabkan jerawat berkembang termasuk bruntusan alias jerawat pasir. Bukan hanya bruntusan, kondisi tersebut pada dasarnya juga menyebabkan terbentuknya jerawat.

Itulah tadi penjelasan terkait cara menghilangkan bruntusan di jidat beserta penyebab mengapa bruntusan ada di jidat. Setelah membaca artikel di atas, kalian jadi tahu bukan kalau muka bruntusan harus pakai apa? Semoga bermanfaat.

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-6733608/10-cara-menghilangkan-bruntusan-kenali-penyebab-dan-skincarenya


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.