Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Terapkan 9 Cara Ini agar Kuat Puasa Saat Bekerja Seharian

 




Baturaja Radio.com - Bagi para pekerja, puasa adalah salah satu ibadah yang memiliki tantangan cukup besar. Dalam keadaan menahan lapar dan haus, kamu tentu diharapkan tetap bisa memberikan performa yang baik di tempat kerja. Meskipun begitu, pahala yang besar di bulan ramadan jangan sampai membuat kamu menyerah dengan keadaan. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjalankan ibadah puasa sekaligus bekerja. Terapkan beberapa cara agar kuat puasa saat bekerja seharian di bawah ini.

Cara agar Kuat Puasa saat Bekerja

1. Prioritaskan Tugas Penting dan Berat sebelum Siang Hari

Untuk mengefektifkan energi kamu, kerjakan tugas penting dan/atau berat terlebih dahulu. Selain karena energi kamu masih banyak, langkah ini akan meminimalisir kesalahan dalam mengerjakan sesuatu. Akan jauh lebih baik jika kamu dapat menyelesaikan tugas berat sebelum siang hari. Dengan begitu, tugas ringan lainnya bisa tetap dikerjakan meskipun energi tinggal sedikit.

2. Manfaatkan Istirahat Siang untuk Tidur

Ketika tiba waktunya istirahat siang, gunakan dengan baik waktu ini untuk tidur atau menyegarkan pikiran. Bagi beberapa orang, meditasi memberikan manfaat yang lebih signifikan dibanding dengan membuka handphone dan mengecek media sosial. Sehingga meskipun kamu tidak bisa makan siang, tubuh akan tetap terbantu dengan menghemat tenaga fisik maupun psikis.

3. Teknik Hidrasi yang Baik

Karena kamu tidak bisa menerima asupan cairan selama puasa, jangan sampai pekerjaan tertunda akibat hidrasi tubuh buruk. Pekerja perlu menerapkan metode hidrasi yang tepat agar kebutuhan cairan harian terpenuhi. Salah satu teknik yang dimaksud adalah minum 8 gelas air putih dengan pembagian waktu sebagai berikut:

  • 2 gelas saat berbuka puasa
  • 4 gelas sesudah makan malam hingga sebelum tidur
  • 2 gelas saat sahur

Teknik lainnya adalah dengan menghindari kafein karena kandungan ini dapat membuat kamu lebih sering buang air kecil. Artinya, kemungkinan tubuh akan dehidrasi juga akan lebih besar. Jika kamu benar-benar susah meninggalkan kafein, imbangi dengan konsumsi air putih yang tepat.

4. Pilih Menu Makan Gizi Seimbang

Setelah minum, tentu selanjutnya yang perlu diperhatikan agar kuat puasa saat bekerja adalah pemilihan menu makan. Baik menu untuk berbuka puasa maupun sahur. Pastikan komposisi dan kandungannya lengkap tapi tidak berlebihan. Dalam satu porsi, perlu dicermati apakah serat dan proteinnya cukup. Hati-hati terhadap lemak dan makanan pedas karena pencernaan akan lebih sensitif saat puasa. Jangan sampai kamu lemas di tempat kerja karena diare atau gangguan perut lainnya.

5. Dukung Pemenuhan Energi dengan Suplemen

Agar energi tubuh dan stamina semakin optimal, konsumsi suplemen diperlukan untuk memastikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan terpenuhi. Selain itu, tambahan makan ini juga membantu tubuh menghindari virus, bakteri, dan radikal bebas. Kamu tidak akan mudah sakit meskipun puasa sambil bekerja.

6. Olahraga untuk Meningkatkan Kebugaran

Salah satu cara meningkatkan kekuatan tubuh dalam bekerja adalah dengan olahraga. Namun saat menjalankan puasa ada satu trik yang bisa kamu manfaatkan. Pertama pilih waktu olahraga yang tepat, misalnya 1-2 jam sebelum berbuka puasa, setelah salat tarawih, atau 30-45 menit sebelum sahur. Kemudian pilih juga jenis olahraga yang ringan tapi tetap membakar kalori tubuh. Selain menguatkan tubuh, olahraga juga akan membantu kamu mengelola emosi saat bekerja.

7. Maksimalkan Waktu Tidur Malam

Karena pada saat puasa kamu perlu bangun lebih awal guna makan sahur, usahakan untuk memaksimalkan waktu tidur pada malam hari. Jika sudah tidak ada kegiatan lagi, pertimbangkan untuk istirahat lebih awal. Sesuaikan juga jadwal tidur kamu dengan waktu olahraga jika memilih waktu sebelum sahur. Pola tidur yang berubah membutuhkan penyesuaian yang tepat agar tubuh tidak lelah berlebihan.

8. Kelola Stres dengan Meditasi

Cara lain agar kuat puasa saat bekerja adalah dengan menetapkan keteguhan dari dalam diri sendiri. Apalagi jika kamu harus menjalani puasa setiap hari selama satu bulan. Mulailah dengan mengelola stres dan meminimalisir pemicunya seperti beban kerja berlebihan. Lalu kombinasikan dengan meditasi agar pikiran lebih tenang. Dari sini, godaan apapun yang mengganggu puasa kamu akan lebih mudah dihalau.

9. Mencari Motivasi Paling Ampuh

Meski berat, puasa akan jauh lebih ringan jika kamu melakukannya berdasarkan keinginan diri sendiri. Apapun rintangan dan godaan yang muncul kamu dapat melaluinya dengan baik. Temukan motivasi terbaik dan paling ampuh untuk menjalani puasa dan tanamkan dalam dirimu setiap hari. Dengan begitu, cara-cara untuk tetap memiliki tubuh kuat dan sehat di atas bisa dilakukan dengan mudah.

Beberapa cara agar kuat puasa saat bekerja tersebut merupakan bentuk kebiasaan baik yang mungkin berat bagi sebagian orang. Namun pengorbanan besar pada suatu kebaikan akan mendatangkan pahala yang lebih besar. Tidak hanya itu, produktivitas dan performa kerja juga bisa dilaksanakan dengan stabil tanpa menghilangkan keinginan dan kebutuhan melakukan puasa. Satu hal penting dari pembahasan ini adalah konsistensi dan komitmen untuk menjalankan dua ibadah besar, yaitu puasa dan bekerja.

https://www.enervon.co.id/article/5206/cara-agar-kuat-puasa-saat-bekerja

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.