Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Prediksi Arus Puncak Mudik akan Terjadi H-4, Operasi Ketupat Musi 2023 Polda Sumsel Siapkan Personil


Baturajaradio.com --
Polda Sumsel menggelar rapat koordinasi awal lintas sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat 2023, di ruang Lounge lantai 7 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel di Palembang, Selasa (4/4/2023).

Rapat koordinasi permulaan persiapan Operasi Ketupat Musi 2023 tersebut dihadiri Karops Polda Sumsel Kombes Pol Drs Kamaruddin MSi, Wadir Intelkam Polda Sumsel AKBP Dwi Mulyanto SIk, Wadirsamapta Polda Sumsel AKBP Yusantiyo Sandhy SH, Kabagbinops Ditreskrimum Polda Sumsel AKBP Yoga Baskara Jaya SIk.


Wadir Pamobvit Polda Sumsel AKBP H Raden Bobby Aria Perkasa SIk MM, Wadirlantas Polda Sumsel AKBP Sigit Adi Wuryanto SIk, Wadansat Brimob Polda Sumsel AKBP Eko Sumaryanto SIk MSi, Kasubbid Penmas Polda Sumsel AKBP Yenni Diarty SIk, dan Kanit Hartib Subbid Provos Polda Sumsel AKP Harsidi.


Sedangkan undangan dari eksternal yakni, Danrem 044/Gapo diwakili Kasi log Kasrem Gapo Kolonel Inf. Jusriadi; Kabinda Sumsel diwakili oleh Kabagops Binda Provinsi Sums Kolonel Kav Dodi Syamsurizal Kasatgaswil Densus 88 AT diwakili oleh Iptu Marsan Saputra.


Kadinkes Provinsi Sumsel diwakili oleh ibu Ida Kadisdag Provinsi Sumsel diwakili Kabid Perdagangan Sri Masnun, Kadishub Provinsi Sumsel Drs H Arinarsa JS, Kakanwil Kemenag Sumsel Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel.


Kasat Pol PP Provinsi Sumsel diwakili Kasiops sat Pol PP Palembang Dedi Wahyudi, Ka BMKG Provinsi Sumsel diwakili oleh Kabid Datin BMKG Nandang Pangaribowo, Ka Balai Besar Kementrian PU Provinsi Sumsel diwakili oleh Kabid Presuarsi Yudho Dwi H.


Ka Basarnas Sumsel diwakili oleh Kasi SDM Basarnas Sumsel Syamsul P, Ka Jasa Raharja Sumsel diwakili Erwin Setia Negara SE MI Kom, Ka Bulog Provinsi Sumsel diwakili Suprapto, GM PT Pertamina MOR diwakili Manager Sadli Ario P, GM PT PLN (Persero) WSSJB Area Palembang Frans Handoko.


GM PT Angkasa Pura II Palembang Ade Chandra, GM Waskita Sriwijaya GM Tol Terpeka, PT Hutama Karya diwakili Frasdita, dan GM Tol Palindra PT Hutama Karya Erzaadhitia.


"Rapat ini merupakan langkah awal  persiapan menyambut Operasi Ketupat Musi 2023, sekaligus paparan masing masing fungsi dan  penanggung jawab," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM melalui Kasubbid Penmas Polda Sumsel AKBP Yenni Diarty SIk.


AKBP Yenni Diarty mengatakan, semua pihak terkait dan masyarakat agar dapat mengantisipasi cuaca buruk dan bencana alam, serta lonjakan pergerakan orang pada saat mudik lebaran dan arus balik serta tempat rekreasi.


"Agar diantisipasi cuaca buruk serta meningkatnya pelanggaran lalu lintas pada saat mudik," kata AKBP Yenni Diarty.


AKBP Yenni Diarty memprediksi arus puncak mudik akan terjadi mulai H-4 sampai dengan H-1 dan arus balik mulai H+3 sampai dengan H+6.


"Untuk itu agar para stakeholder terkait dapat berkoordinasi untuk menyiapkan sarana prasarana pospam dan pos pelayanan yang baik pada jalur tol jalur alternatif dan arteri," katanya.


Selanjutnya, kata AKBP Yenni Diarty, agar juga mengantisipasi kendaraan yang mogok dan kehabisan BBM di jalur-jalur rawan kemacetan.


"Siapkan langkah pelayanan persediaan BBM apabila terjadi kraudit atau kemacetan," ucap AKBP Yenni Diarty.

Pihaknya juga akan melaksanakan inspeksi jalur menuju alternatif, agar tidak ada kendala pada waktu pelaksanaan Operasi Ketupat Musi  2023.


"Antisipasi lonjakan kendaraan dikarenakan mudik tahun ini berbeda dari mudik tahun sebelumnya. Kami juga akan perkuat personel baik pada jalur tol dan jalur arteri," kata AKBP Yenni Diarty.


Pada kesempatan ini  juga kata AKBP Yenni Diarty, menyebutkan pimpinan rapat Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Kamaruddin SIk, meminta langkah-langkah rekayasa lalu lintas dan cara bertindak agar menjadi satu persepsi yang sama antara 'stakeholder' terkait.


"Tidak ada yang berdiri sendiri, kita satukan visi dan misi demi kelancaran Operasi Ketupat atau operasi kemanusiaan ini," pungkas Mantan Wakapolres Banyuasin.



Artikel :: https://palembang.tribunnews.com/2023/04/04/prediksi-arus-puncak-mudik-akan-terjadi-h-4-operasi-ketupat-musi-2023-polda-sumsel-siapkan-personil.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.