Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

6 Cara Menghindari Penipuan Online untuk Nasabah Bank

 




Baturaja Radio.com - Penipuan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Salah satu contohnya, modus penipuan bank yang kerap terjadi. Kenali cara menghindari penipuan online agar kalian bisa bertransaksi dengan aman.

Dilansir dari News.com.au, Minggu (2/4/2023), berdasarkan laporan ScamWatch, dalam waktu 59 hari pertama di tahun ini, masyarakat Australia telah kehilangan hampir USD 100 juta (Rp 1,5 miliar) karena penipuan.

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia mempunyai pedoman guna melindungi dan membantu masyarakat dari penipuan phising teks. Begini cara menghindari penipuan online untuk nasabah bank yang juga bisa diterapkan di Indonesia:

1. Jangan Klik Tautan Apapun
Nasabah bank diharapkan untuk tidak mengklik tautan apapun atau membuka lampiran teks yang mengaku berasal dari pihak bank maupun organisasi terpercaya lainnya yang meminta untuk mengupdate atau melakukan verifikasi. Apabila menemui hal tersebut, cukup tekan hapus.

2. Mencari Referensi Penipuan Serupa
Dengan mencari referensi penipuan serupa, hal ini memungkinkan nasabah bank terhindar dari modus penipuan.

3. Pastikan Situs Aman
Apabila situs tersebut terdeteksi ada yang janggal, langsung saja cari simbol penanda keamanan di website tersebut untuk memastikan apakah situs tersebut aman atau tidak.

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi
Jangan pernah sekali-kali memberikan informasi pribadi seputar kartu kredit maupun akun online banking apabila menerima telpon yang mengaku dari pihak bank atau organisasi lainnya. Nasabah sebaiknya menghubungi langsung pihak bank untuk melakukan konfirmasi.

5. Segera Hubungi Bank
Segera hubungi bank jika nasabah terlanjur memberikan informasi pribadinya kepada scammer. Hal ini perlu dilakukan agar segera ditindaklanjuti.

6. Laporkan Penipuan
Hal terakhir yang bisa nasabah bank lakukan apabila terkena modus penipuan adalah melaporkan penipuan melalui halaman laporan untuk membantu menyebarkan berita penipuan.

Penipuan dengan mengatasnamakan pihak bank saat ini masih sering terjadi, namun sebagai nasabah bank yang bijak, kita bisa mengatasi dan menghindari penipuan tersebut dengan 6 cara yang telah disebutkan di atas. Jadi, waspada namun tetap tenang ya Detikers!

https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-6651226/6-cara-menghindari-penipuan-online-untuk-nasabah-bank

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.