Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

1.039 Jiwa dalam DP4 yang Dicoklit Pantarlih di Muratara Meninggal Dunia, 4 Jadi TNI 17 Jadi Polri


Baturajaradio.com --
Divisi Perencanaan Data dan Informasi
 KPU Muratara, Heriyanto mengatakan, data yang dicoklit oleh Pantarlih di 82 desa dan 7 kelurahan sebanyak 140.678 jiwa.

Data tersebut merupakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dikeluarkan oleh Kemendagri.

Lalu disandingkan dengan data dari Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB).


"Yang dicoklit kemarin itu ada 140.678 jiwa. Untuk menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) ada potensi penambahan pemilih dari jumlah itu," katanya, Kamis (16/3/2023).


"Bertambahnya masuk dari pemilih potensial, maupun pemilih pindahan," ujar Heriyanto.


Namun demikian, kata dia, dari jumlah pemilih yang dicoklit tersebut banyak juga yang dicoret karena ditemukan pemilih meninggal dunia dan pemilih yang telah menjadi anggota TNI/Polri.


Untuk data sementara belum final, Heriyanto mengungkapkan ada 1.039 jiwa pemilih dalam DP4 yang meninggal dunia, 4 pemilih telah menjadi anggota TNI, dan 17 pemilih menjadi anggota Polri.


"Data yang dicoklit ada 140.678 jiwa. Setelah dicoklit ada penambahan pemilih menjadi 143.639 jiwa. Tapi itu belum final, nanti finalnya pada saat pleno DPT," katanya.


Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Maryanto mengungkapkan, jumlah pemilih untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Muratara berpotensi turun dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.


Jumlah DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Muratara sebanyak 148.678 pemilih.


"Kemungkinan besar di bawah dari DPT Pemilu sebelumnya, tapi kita belum bisa menyebutkan jumlahnya, karena masih proses," kata Agus Maryanto, Kamis (16/3/2023).


Dikatakan, saat ini KPU setempat masih melakukan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait persiapan penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP).


Agus mengapresiasi dan berterima kasih kepada 560 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang telah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih se-Kabupaten Muratara.


"Setelah coklit ini akan dilakukan pleno berjenjang mulai dari PPS, PPK, sampai ke tingkat KPU kabupaten, nanti baru ke provinsi dan pusat," katanya. (rahmat aizullah/ts)



Sumber Artikel :: https://palembang.tribunnews.com/2023/03/16/1039-jiwa-dalam-dp4-yang-dicoklit-pantarlih-di-muratara-meninggal-dunia-4-jadi-tni-17-jadi-polri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.