Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Percepat Pembangunan di OKU Timur, Bupati Enos Launching Penyerahan Dana Desa Rp 256,8 M


Baturajaradio.com
- Bupati OKU Timur Ir H Lanosin (Enos) menyerahkan dana desa sebesar Rp. 256,8 M secara simbolis bagi 305 desa definitif yang tersebar di Bumi Sebiduk Sehaluan.

Acara launching penyerahan dana desa ini pun sontak saja disambut bahagia oleh para Kepala Desa yang hadir di Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur, Rabu (22/2/2023).

Bupati Enos yang baru sama mendapat gelar kehormatan dari Keraton Surakarta ini mengatakan, dana desa diharapkan dapat dikelola dengan benar oleh desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. 

Untuk itu, Bupati Enos mengajak semua elemen untuk terus berjuang, melangkah dan bekerja keras bersama dalam membangun Kabupaten OKU Timur yang lebih baik.

"Kepada semua perangkat untuk selalu membangun koordinasi sehingga upaya keterpaduan pelaksanaan program pembangunan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai dengan amanat UU dan sesuai dengan yang diharapkan guna menuju OKU Timur Maju Lebih Mulia," kata Bupati Enos.

Bupati menyebutkan, alasan kegiatan ini harus dilaunching karena anggaran ini adalah milik negara maka harus diumumkan agar masyarakat tahu bahwa OKU Timur yang terbaik karena pertama kali menyalurkan dana desa.

"Kemudian dari jumlah desa di OKU Timur, terdapat 30 persen posyandu yang tidak memiliki alat ukur dan alat timbang, untuk itu ditekankan agar kepala desa segera mengatasinya sehingga kasus stunting bisa diminimalisir," ujar dia.

Kedepan Bupati menginginkan agar data-data dasawisma bisa terkumpul dengan baik sebagai landasan dasar untuk melaksanakan sesuatu. 

Dengan adanya dana desa, Bupati juga menginginkan Bumdes untuk mencari peraturan sehingga bisa dapat menebuskan pupuk yang dibutuhkan oleh para petani.

Iklan untuk Anda: 25 Contoh Kata Ucapan Selamat Berangkat Umroh Penuh Doa, untuk Keluarga Teman dan Tetannga
Advertisement by
Sehingga para petani dapat menggunakan pupuk tersebut di lahannnya dan Bumdes mendapatkan hasil daripada perputaran keuangan yang berada disekitar desa tersebut. 

Sementara itu, Kepala Dinas PMD OKU Timur H Rusman SE MM melaporkan bahwa dana desa non Bantuan Langsung Tunai (BLT) telah disalurkan sebanyak 221 Desa sejumlah Rp. 54.9 M.

"Kemudian dana desa untuk bantuan langsung tunai telah proses salur untuk 221 desa sebesar Rp. 5,3 M, lalu sisa 84 Desa baik non BLT ataupun BLT masih proses penyampaian dari desa untuk segera dilaksanakan penyalurannya," tutupnya.

Launching ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD OKU Timur H. Beni Defitson, S.IP., M.M. Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH, Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura, Unsur Forkopimda Plus, Staf Ahli dan Staf Khusus, Kepala OPD, Kepala KPPN Baturaja, Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Forum Camat dan Forum Kades.

Dalam kegiatan ini juga bupati melakukan penyerahan secara simbolis kartu dan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, MPD dan RT.  

Pemberian penghargaan kepada Bupati oleh PT. BPD Bank Sumsel Babel Cabang Martapura atas peran dan inisiasi terhadap pembuatan Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD) berupa Kartu ATM kepada perangkat desa Se Kabupaten OKU Timur.


(https://sumsel.tribunnews.com/2023/02/22/percepat-pembangunan-di-oku-timur-bupati-enos-launching-penyerahan-dana-desa-rp-2568-m )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.