Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Langkah Menanam Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

 







Baturaja Radio.com - Menanam sayuran dengan cara hidroponik bisa menjadi solusi untuk mereka yang memiliki rumah dengan lahan terbatas.  Ada beragam jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sistem hidroponik, salah satunya sayuran.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian, berbeda dengan sayuran lainnya yang membutuhkan tanah untuk tumbuh, sayuran hidroponik justru membutuhkan cairan yang mengandung mineral untuk bisa tumbuh.

Selain air dan mineral, tanaman hidroponik juga membutuhkan sistem filtrasi untuk air serta udara.  Nah, berikut ini beberapa langkah menanam sayuran hidroponik di rumah.

1. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan Hal pertama yang harus disiapkan adalah paralon berdiameter 7,6 sentimeter, penutup paralon, penyambung paralon, lem paralon, gergaji pemotong, dan gelas plastik yang sudah dilubangi kecil-kecil di bagian bawahnya.  Setelah itu, menyediakan air, tanaman sayuran, kerikil atau pelet tanah sebagai media tanam hidroponik. 

2. Lubangi pipa paralon Setelah bahannya terkumpul, lubangi pipa paralon sesuai dengan diameter gelas plastik dan beri jarak sekitar 10 sampai 15 cm antarlubang agar tanaman dapat tumbuh bebas tanpa berdesakan satu dengan yang lain. 

3. Tutup kedua ujung paralon  Setelah pipa paralon diberi lubang, tutup kedua ujung paralon dengan penutup. Apabila tidak memiliki penutup pipa, Anda bisa memanfaatkan plastik untuk menutup kedua ujungnya. Tutup ujung pipa ini secara rapat agar air tidak bocor. 

4. Mengisi air ke dalam paralon Hindari mengisi gelas plastik sampai penuh karena air bisa meluap. Anda juga bisa menambahkan nutrisi khusus tanaman hidroponik dalam air. 

5. Tanam sayuran ke dalam gelas plastik Tanam sayuran ke dalam gelas plastik menggunakan kerikit atau pelet tanah liat sebagai media tanam.  Setelah itu, tanam tanaman ke dalam gelas plastik. Untuk membuat tanaman hidroponik, pilih tanaman muda yang sudah berakar dan berdaun dua.  

6. Masukkan gelas plastik ke lubang paralon Masukkan gelas plastik yang sudah siap tanam ke lubang paralon yang sudah terbentuk. Pastikan ujung gelas plastik cukup lebar agar tidak tenggelam ke dalam lubang paralon. 

7. Amati volume air Selanjutnya, amati volume air dan akar tanaman sayuran secara berkala. Tambahkan volume air apabila terlihat berkurang.

Bila akar tanaman terlihat semakit lebat, gunting segera akar karena bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman sayuran. 

Jika tanaman kekurangan nutrisi, daun akan berwarna kekuningan, sedangkan jika kelebihan nutrisi, daun menjadi gosong. Tanaman hidroponik yang kurus bisa disebabkan karena tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jadi, tiga komponen penting yang dibutuhkan adalah nutrisi, sinar matahari, juga oksigen.


https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/30/192600176/7-langkah-menanam-sayuran-secara-hidroponik-di-rumah




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.