Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dinkes OKU Luncurkan Program Posyandu Prima

 





Baturaja Radio.com - Untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, dalam waktu dekat Dinas Kesehatan Kabupaten OKU bakal meluncurkan program Posyandu Prima.
Posyandu prima merupakan Posyandu sebagai wadah pemberdayaan masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan  dasar dan pelayanan lainnya sesuai dengan kebutuhan secara terintegrasi di Desa dan Kelurahan," ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Deddy Wijaya SKM MKes melalui Sub Koordinator Promosi Kesehatan Dinkes OKU, Afua Amuri SKM MKM.

Posyandu Prima, lanjut Afua, berasal dari Puskesmas Pembantu, Pos Kesehatan Desa, pengintegrasian Puskesmas Pembantu dan Poskesdes atau bagi Desa dan Kelurahan yang tidak memiliki Pustu atau Poskesdes membentuk Posyandu Prima sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Desa dan Kelurahan yang wilayahnya terdapat Puskesmas, pelayanan kesehatannya tetap dilaksanakan di Puskesmas sedangkan Posyandu prima menjadi koordinator pemberdayaan masyarakat, " terang Afua.
Ditambahkan Afua, pelayanan Posyandu Prima fokus transparansi sistem pelayanan kesehatan primer. Seperti, mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resiliensi terhadap pandemi.

Memperkuat pemantauan wilayah setempat melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa," imbuh Afua.
Dilanjutkan Afua, Posyandu Prima bertanggung jawab untuk hasil status kesehatan masyarakat di Desa dan Kelurahan. 
Misalnya, masalah kesehatan di setiap siklus hidup yang ingin diatasi pada ibu hamil, bersalin dan nifas terjadi status kurang gizi pada ibu hamil, kehamilan, persalinan dan nifas berisiko.

Posyandu prima, memeriksakan kandungan (ANC) semua ibu hami, ibu hamil mengikuti kelas ibu hamil, semua ibu hamil mendapatkan edukasi gizi seimbang, semua ibu hamil mendapatkan dan konsumsi TTD, ibu hamil KEL mendapatkan dan mengkonsumsi makanan tambahan, semua ibu pasca bersalin mendapatkan pelayanan nifas dan semua ibu memberikan ASI," terang Afua.

Jadi, lanjut Afua, kader Posyandu Prima melakukan kunjungan ke rumah warga kemudian memastikan keluarga sudah mendapatkan pelayanan kesehatan, penemuan dini masalah kesehatan dan tanda bahaya, monitoring kepatuhan dalam pengobatan.
"Posyandu Prima melayani ibu hamil, bersalin dan nifas. Bayi, balita dan pra sekolah. Usia sekolah dan remaja. Usia produktif dan lansia," pungkas Afua. *


okes.disway.id/read/639736/dinkes-oku-luncurkan-program-posyandu-prima



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.