Warga Bermukim Pinggir Sungai Diminta Waspada, Cuaca Ekstrem, Hujan Es Terpa Kabupaten OKU Selatan


Baturajaradio.com - Cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan disertai hujan es yang tinggi menyebabkan volume sungai pasang surut belakangan ini.

Hal tersebut menjadi perhatian bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumsel (Sumatera Selatan), mengingatkan warga bermukim pinggir sungai diminta waspada.

Kepala BPBD OKU Selatan Koni Ramli menghimbau, warga yang bermukim di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) serta yang beraktivitas di perairan sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Dihimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada terutama saat beraktivitas di sungai, sebab akhir-akhir ini curah hujan tinggi mengakibatkan arus sungai deras permukaan air sungai dan danau naik (meluap),"ujarnya, Senin (23/1/2023).

Terlebih belum lama ini, seorang bocah Alpin bin Asmir (11) warga Desa Sipin Kecamatan Buay Pemaca yang sedang mandi ditemukan tewas tenggelam terbawa arus.

Sehubungan dengan tenggelam bocah, Kepala BPBD OKU Selatan Koni Ramli menghimbau para orang tua untuk melakukan pengawasan ekstra terhadap anak-anak disaat cuaca ekstrem saat ini.

"Untuk para orang tua terus mengingatkan anak-anak untuk tidak dulu beraktifitas ke sungai ataupun danau, karena cuaca penghujan saat ini," himbau Koni Ramli.

Dihimpun, dalam dua pekan belakangan ini hujan dengan intensitas tinggi melanda Kabupaten OKU Selatan.

Hujan lebat ini memberikan dampak terhadap pasang surutnya aliran sungai.

Selain itu dua pekan lalu, tepatnya Selasa 10 Januari 2023 juga menimbulkan fenomena hujan es dan angin kencang terjadi di Desa Padang Bindu dan Padang Sari Kecamatan Buay Runjung.

Dilanda hujan es dan angin kencang terdapat 19 rumah dan 4 Hektar kebun milik warga yang rusak dampak dari fenomena tersebut. 


(https://palembang.tribunnews.com/2023/01/23/warga-bermukim-pinggir-sungai-diminta-waspada-cuaca-ekstrem-hujan-es-terpa-kabupaten-oku-selatan).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.