Truk Tangki Terbalik di Desa Teluk Lubuk Muara Enim, 10 Ton Solar Tumpah Rebutan Warga .




Baturajaradio.com - Truk tangki terbalik di Desa Teluk Lubuk, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Minggu (1/1/2023) sekitar pukul 15.00.

Akibatnya muatan solar sebanyak 10 ton tumpah dan warga desa serta sekitarnya rebutan menampung solar yang tumpah tersebut.

Abi Ziat (35) warga Desa Kartayu, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba sopir truk tangki nomor polisi plat BG 8180 MX berwarna biru bermuatan solar 10 ton tersebut hanya mengalami luka ringan.

Kronologis kejadian, kejadian tersebut berawal mobil truk tangki BG 8180 MX ukuran 10 ton yang dikendarai oleh Abi Ziat (35) warga Desa Kartayu, Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Muba, membawa BBM jenis solar dengan tujuan Kabupaten Lahat.

Ketika melintas di lokasi kejadian yang merupakan perbatasan Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Pali, diduga sopir tidak konsentrasi sehingga ban truk keluar dari badan jalan yang mengakibatkan truk tangki terguling dan mengenai bagian depan rumah warga setempat H Burmansyah.

Atas peristiwa tersebut kendaraan mengalami kerusakan begitupun rumah warga mengalami kerusakan di bagian depan serta minyak Solar Tumpah menggenangi halaman rumah warga.

Sedangkan sopirnya hanya mengalami luka-luka memar dan lecet.

Melihat hal tersebut, warga mendatangi truk tangki untuk bermaksud menolong.

Ketika melihat banyak Solar yang tumpah, wargapun spontan beramai-ramai mengambil jeriken dan ember untuk menampung solar yang tumpah ke tanah dan yang masih tersisa dalam tangki truk yang terguling.

Setelah dua jam kejadian, sekitar pukul 17.00, barulah petugas mendapat laporan dan meluncur ke lapangan untuk pengamanan terutama bahaya kebakaran.

Namun, evakuasi sempat terhalang sebab pemilik rumah belum mengizinkan sampai ada kompensasi dari pemilik kendaraan.

Hari ini, Senin (2/1/2023) barulah penanggungjawab kendaraan datang dan memberikan kompensasi sehingga kendaraan baru bisa di evakuasi dan diamankan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Ketika dikonfirmasi ke Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi didampingi Kasat Lantas AKP Suwandi, membenarkan adanya kejadian tersebut dan murni kecelakaan tunggal namun tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil saja.

"Kejadian tersebut kemarin Minggu (1/1/2023) namun kendaraan baru bisa kita amankan tadi pagi Senin (2/1/2023) karena warga yang rumahnya ditabrak minta kompensasi dulu. Untuk BBM Solar yang tumpah sudah habis semua diambili oleh warga," katanya.

"Sopir sudah kita ambil keterangannya, dan BB sudah kita amankan setelah uang kompensasi ke warga disepakati. Kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya. (ari/sp)

(https://sumsel.tribunnews.com/2023/01/02/truk-tangki-terbalik-di-desa-teluk-lubuk-muara-enim-10-ton-solar-tumpah-rebutan-warga.)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.