Gunung Kerinci Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Capai 1200 Meter


Baturajaradio.com --
Gunung Kerinci lagi-lagi mengalami erupsi dengan memuntahkan abu vulkanik setinggi 1200 meter. Abu vulkanik yang dimuntahkan oleh gunung tertinggi di Asia Tenggara tersebut mengarah ke arah barat laut.

"Telah terjadi erupsi Gunung Kerinci, Jambi
- Sumatera Barat pada tanggal 12 Januari 2023 pukul 18:10 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 1.200 meter di atas puncak," kata Kepala Pos PGA Kerinci, Irwan Safwan dari keterangan yang diterima detikSumut, Kamis (12/1/2023).


Awal erupsi Gunung Kerinci ini terjadi pada Rabu (11/1) lalu. Hingga sekarang erupsi Gunung Kerinci tersebut masih saja terjadi. Bahkan abu yang dimuntahkan dari Gunung Kerinci itu malam ini paling tinggi sejak erupsi pada Oktober 2022 lalu

"Ini muntahan abu paling tinggi sepanjang erupsi terjadi pada Oktober 2022 lalu dengan ketinggian 1200 meter," ujar Irwan.

Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Kerinci ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 5 mm dan durasi sementara ini 10 menit.

Sampai malam ini, erupsi gunung tertinggi nomor dua di Indonesia itu masih berlangsung saat laporan erupsi itu dibuat. Saat ini Gunung Kerinci masih berada pada Status Level II (Waspada).

Dari erupsi ini, warga di sekitaran Gunung Kerinci diminta untuk tetap menggunakan masker lantaran bakalan berdampak terhadap abu dari letusan gunung api tersebut.

"Karena ini berdampak pada abu Erupsi, warga kita sarankan gunakan masker," terang Irwan


Sumber artikel:: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6512647/gunung-kerinci-erupsi-lagi-tinggi-kolom-abu-capai-1200-meter.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.