15 Manfaat Sirih Cina Bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya




Baturaja Radio.ComTanaman obat adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah sirih cina yang berpotensi menjadi obat untuk banyak penyakit.

Sirih cina ini berbeda dengan sirih biasa. Tanaman dari Amerika ini cukup mudah didapatkan di Indonesia. Tak harus beli, sirih cina bisa ditemukan di tepi parit, pekarangan, maupun tempat lembab.

Tanaman ini di Jawa disebut seladaan, suruhan, atau rangurangu. Sedangkan di Sumatera disebut ketumpang anyer, di Maluku disebut gotu garoko, di Ternate disebut gofu, goroho, dan di Sulawesi Utara disebut rumput ayam atau pasan ratahan.


Ciri-ciri dari sirih cina ialah berakar serabut yang tertanam pada permukaan tanah dangkal dan berwarna putih. Batangnya memiliki ketinggian antara 20 cm sampai 40 cm, tegak, bercabang, bulat, tebalnya sekitar 5 mm, berair, dan lunak.

Warnanya hijau pucat atau hijau muda. Dahan berbuku-buku seperti tanaman sirih. Daun sirih cina ini memiliki bentuk daun tunggal, duduk spiral, lonjong, dengan panjang 1-4 cm.

Sedangkan tanaman sirih biasa merupakan tanaman merambat yang bisa mencapai tinggi 15 meter. Batangnya berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Sirih biasa memiliki daun tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas.

Sirih biasa juga memiliki nama berbeda. Di Jawa dikenal dengan sebutan suruh, di Melayu dikenal dengan sireh, di Ternate disebut bido, di Bali dikenal sebagai base, dan di Ambon disebut dengan amo.

Setelah mengetahui ciri-ciri tanaman sirih cina, di sini akan kita kupas manfaat dari daun sirih cina, sekaligus apa saja kandungannya, hingga cara mengkonsumsinya.

Manfaat Sirih Cina
Dalam penelitian Universitas Medan Area (UMA), disebutkan ada beberapa manfaat dari tumbuhan bernama latin Peperomia pellucida ini. Manfaatnya bisa mengurangi gejala penyakit berikut ini:

Abses
Bisul
Jerawat
Radang kulit
Penyakit ginjal
Sakit perut
Sakit kepala
Demam
Asam urat
Luka
Selain itu, berdasarkan penjelasan dr Danang Ardiyanto, MKM, selaku dokter HortusMed Wellness Center Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu Karanganyar, sirih cina juga bermanfaat sebagai berikut.

Penurunan gula darah
Anti-oksidan
Anti-depresan
Obat gangguan lambung
Antimikroba
Terkait manfaat sebagai alternatif pengobatan asam urat, sirih cina telah diuji praklinik pada hewan. Hasil skrining fitokimia mengungkapkan adanya alkaloid, kardenolid, saponin, dan tannin pada sirih cina.

Mekanisme aksi menurunkan kadar asam urat dari saponin mungkin relevan pada penghambatan produksi asam urat (menghambat enzim Xanthin oksidase) dan mempercepat ekskresinya dari dalam tubuh.

Akan tetapi belum ada uji klinik yang dilakukan kepada manusia.

Kandungan Sirih Cina
Di dalam sirih cina ini terkandung senyawa kimia, senyawa minyak esensial terutama carotol dillapiole dan beta-carophyllene. Dari sejumlah penelitian, tumbuhan ini mempunyai senyawa steroid, karbohidrat, flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan titerpenoid (Irsyad, 2013).

Setelah mengetahui jenis-jenis senyawa yang terkandung dalam tumbuhan sirih cina ini, diasumsikan bahwa tumbuhan ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Senyawa tanin dan flavonoid bisa berfungsi sebagai antiseptik dan antimikroba.

Tanin memiliki peran penting sebagai antibakteri, yakni dengan pembentukan kompleks dan enzim mikroba atau substrat, dan masuk melalui membran selnya. Sedangkan flavonoid bertugas sebagai antimikroba yang membentuk kompleks protein ekstrasel dan dinding sel. Flavonoid memiliki sifat lipofilik atau bisa merusak membran sel.

Cara Mengkonsumsi Sirih Cina
Menurut dr Danang, cara mengkonsumsi sirih cina ini cukup mudah, yakni direbus dan disaring. Caranya sebagai berikut.

Campurkan 15-30 gram daun sirih cina ke dalam air 1 liter atau 5 gelas air.
Rebus air dan daun sirih selama 15 menit.
Kemudian saring untuk mendapatkan tiga gelas air rebusan.
Minumlah pada pagi, siang dan malam.

Efek Samping Sirih Cina
Meski banyak manfaatnya, sirih cina juga memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek samping dari sirih menurut dr Danang..

Bisa menyebabkan gangguan pencernaan
Dapat memunculkan reaksi alergi
Menyebabkan gejala seperti asma
Hindari penggunaannya jika sedang hamil atau menyusui karena mengganggu sintesis prostaglandin
Pasien dengan reaksi hipersensitivitas harus menghindari penggunaan daun sirih cina.
Nah itulah tadi penjelasan mengenai ciri-ciri tanaman sirih cina yang berbeda dengan sirih biasa. Manfaat dan kandungannya pun berbeda. Semoga bermanfaat buat detikers.

https://www.detik.com/bali/berita/d-6386408/15-manfaat-sirih-cina-bagi-kesehatan-dan-cara-konsumsinya




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.