Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pj Bupati OKU Serahkan Bantuan 10 Unit Power Threser dan Kartu Tani


Baturajaradio.com --
Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menyerahkan bantuan 10 Unit Power Threser (mesin perontok padi) di halaman Dinas Pertanian OKU, Kamis (1/12/2022).

Dikesempatan itu juga dilakukan penyerahan Kartu Tani kepada petani yang tergabung dalam Kelompok Tani di Kabupaten OKU.


Selain itu juga dilakukan penanaman pohon program penanaman 10 juta pohon dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/Balai Pembenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah I Sumsel.


Kepaal Dinas Pertanian Kabupaten OKU Ir Joni Saihu dalam laporannya mengatakan, 10 Unit Power Threser merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian.


Bantuan ini merapakan aspirasi dari Hj Sri Kustina (Anggota DPR Pusat Komisi IV asal Dapil Sumsel).


Kadin Pertanian juga mengucapkam terima kasih kepada Pj Bupati OKU yang sudah membuka akses sehingga pihaknya bisa berkomunikasi dengan wakil rakyat yang duduk di DPR RI.


Kadin Pertanian juga melaporkan tentang penyerahan kartu tani yang digunakan petani untuk menebus pupuk bersubsidi.


Diakatakan Saihu berdasarkan Permantan No 10 Tahun 2022, komoditi yang difasilitasi pupuk bersubsidi hanya 9 (padi, kedelai, cabe, bawang merah, bawang putih, kopi, tebu rakyat dan kakao).



Dari 9 komoditi ini, di OKU hanya ada 5 (padi, jagung, cabai, bawang merah).


Sedangkan komoditi terbesar OKU karet dan sawit tidak difasilitasi pupuk bersubsidi lagi.


Untuk kuota pupuk bersubsidi OKU tahun 2023 berdasarkan SK Gubernur Sumsel untuk Urea sebanyak 5.240 ton dan NPK Ponskha sebanyak 5.768 ton.


Alokasi ini seluruhnya sudah diinput per kecamatan per petani.


"Dari 17 kabupaten/kota se Sumsel baru OKU yang menginput 100 persen baik urea maupun ponskha," ujarnya.


Sementara untuk progres kartu tani, sampai saat ini baru sebanyak 1.258 Kartu Tani yang diserahkan ke petani dari target sebanyak 8.377 kartu tani.


Kepala Dinas Pertanian juga minta bantuan Pj Bupati untuk mensupport agar penyerahan kartu tani bisa selesai diserahkan ke petani seluruhnya pada akhir tahun ini.


Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengatakan, pihaknya akan mendorong semua OPD di jajaran Pemkab OKU agar senantiasa menambah akses ke pusat.


Karena di pusat banyak peluang bantuan yang bisa disalurkan ke daerah asalkan ada usulan dari bawah.


"Alhamdulillah bantuan dari kementerian mulai berdatangan ke OKU,” kata Teddy.


Antara lain dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI dapat bantuan mesin pelet apung untuk pakan ikan.


Kini sudah dapat bantuan bibit sebanyak 32 ribu pohon. Diharapkan sampai bulan Januari 2023 akan datang 100 ribu lebih bibit. Dan bantuan 10 unit Power Threser.


Pj Bupati berpesan agar bantuan alat mesin pertanian dirawat dengan baik dan dimanfaatkan maksimal.



Sumber Artikel :: https://palembang.tribunnews.com/2022/12/01/pj-bupati-oku-serahkan-bantuan-10-unit-power-threser-dan-kartu-tani?page=2.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.