Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Enos - Yudha Resmikan Program Listrik Masuk Sawah di Mendayun, Tingkatkan Hasil Panen


Baturajaradio.com
- Bupati OKU Timur Lanosin (Enos) di dampingi Wabup M Adi Nugraha Purna Yudha bersama Forkompimda meresmikan listrik masuk sawah di Desa Mendayun, Kecamatan Madang Suku I, Rabu, (21/12/2022) sore.

Listrik masuk sawah ini merupakan terobosan bagi pemerintah Kabupaten OKU Timur menggandeng PLN untuk mewujudkan petani yang sejahtera karena ditopang dengan perairan yang memadai sehingga petani dapat panen padi IP-300 lebih meningkat hasilnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Martapura Shafwat Saka Al Amini, Kepala Dinas Pertanian Sepala Hamdani dan Staf Ahli Pertanian Sugeng Supriyanto.

Bupati menyerahkan bantuan irigasi air dalam tanah (Listrik Masuk Sawah) juga sarana dan prasarana yang mendukung petani yaitu traktor roda 2, cultivator, pompa air converter, handspayer dan emposan.

Kemudian pemberian pupuk organik cair, benih padi, benih jagung dan benih sayur-mayur serta menyerahkan kartu tani yang sangat ditunggu para petani.

Bupati Enos dalam sambutannya menyampaikan, dengan memberikan bantuan-bantuan serta sarana dan prasarana pertanian adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Metodenya harus kita tiru, Kalau Mendayun ini sudah 3 kali panen berati luas panen 3 kali tanpa adanya tersier mendayun bisa 3 kali panen IP 300," bebernya.

Soal pupuk, lanjut Bupati Enos, buat camat dan kades harus mengawasi subsidi pupuk NPK dan pupuk urea yang beredar di masyarakat.

"Mendistribusikan pupuk agar merata kuota alokasinya biar tidak ada kelangkaan pupuk dan kartu tani harus sudah terbagi ke para petani," jelas dia.

Sementara itu, Kadispertan OKU Timur Sepala menyebutkan, Pemerintah Kabupaten OKU Timur menjadi lumbung pangan nasional maka sektor pertanian merupakan sektor unggulan.

"Dengan adanya listrik masuk sawah ini, diharapkan dapat meningkatkan hasil panen,” tutupnya.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/12/22/enos-yudha-resmikan-program-listrik-masuk-sawah-di-mendayun-tingkatkan-hasil-panen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.