Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Jokowi Dorong Kolaborasi ASEAN dan PBB Diperkuat demi Perdamaian


Baturajaradio.com --
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong kerja sama komprehensif ASEAN dan PBB perlu diterjemahkan lebih konkret. Salah satunya melalui penguatan mekanisme komunikasi dan dialog ASEAN-PBB.

"Hotline antara Sekjen PBB dan Menlu ASEAN perlu dibentuk untuk mendeteksi dini dan merespons secara cepat berbagai potensi tantangan kawasan yang berdampak global maupun sebaliknya. Kolaborasi ASEAN dan PBB harus diperkuat demi perdamaian kawasan dan dunia," kata Jokowi saat berbicara pada KTT ASEAN-PBB di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022).


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyerukan agar semangat reformasi PBB tidak boleh padam. Menurutnya, PBB harus menjadi penjaga multilateralisme agar dapat mencarikan solusi terbaik bagi masalah dunia.

"PBB harus terus mendorong agar perang segera dihentikan," ucap Jokowi.

Dalam KTT yang dihadiri pemimpin ASEAN dan Sekjen PBB Antonio Guteres itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada Sekjen PBB atas kerja keras mengatasi krisis yang disebabkan perang Rusia-Ukraina, krisis pangan, krisis energi, dan keuangan.

"Indonesia akan terus mendukung kerja Sekjen PBB, termasuk dalam kapasitas saya sebagai champion Global Crisis Response Group," ujarnya.

Dalam acara KTT ASEAN-PBB ke-12 itu, Jokowi turut didampingi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md; Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto; Menteri Luar Negeri Retno Marsudi; serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.