Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dominasi Negara dalam Perspektif Keamanan Akibatkan Pelanggaran HAM


Baturajaradio.com
- Anggota Komnas HAM, Uli Parulian, mengatakan  pelanggaran HAM sering terjadi karena perspektif keamanan hanya dominan keamanan negara, Akibatnya pelanggaran HAM terjadi dengan mengatasnamakan stabilitas keamanan, kekerasan.

"Padahal dalam negara hukum, keamanan manusia perlu menjadi perhatian untuk di kedepankan dan di lindungi aparat negara dari berbagai intomidasi dan kekerasan,” kata Uli dalam siaran pers, Rabu (23/11/2022).

Hal ini disampaikan Uli Parulian dalam Diskusi publik dan launcing buku "Keamanan Manusia" , di Sadjoe Cafe,  Jakarta. Menurutnya, konsep keamanan manusia menjadi penting untuk menjadi paradigma baru keamanan. Dan dalam konsep keamanan manusia mensyaratkan penghormatan HAM.

Staf Bapenas, Rangga  mengatakan konsep keamanan manusia sesuatu yang penting. Objek keamanan perlu dilindungi itu individu dan manusianya. Mulai keamanan pangan, keamanan kesehatan dan lainya sebagaimana di jelaskan UNDP.

Namun demikian, lanjut dia,  tantangan konsep keamanan manusia di Indonesia adalah merumuskan tujuan dan indikator dalam kebijakanya seperti apa.

Dosen  Universitas Paramadina, Siskha Prabawaningtya, mengatakan  kedaulatan negara bukan hanya hak tapi juga tentang kewajiban negara dalam melindungin keamanan manusianya.

"Keamanan manusia dipengaruhi pemimpin di negaranya sehingga di 2024 nanti penting memilih pemimpin yang pro terhadap keamanan manusia,” ungkap Siskha.

(https://www.republika.co.id/berita/rlt95q318/dominasi-negara-dalam-perspektif-keamanan-akibatkan-pelanggaran-ham)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.