Banjir Mengancam! Masyarakat Sumsel Diharapkan Waspada

Baturajaradio.com - Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), prakiraan Musim Hujan 2022/2023 di Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah diperkirakan mengalami awal musim hujan pada bulan september.

Kepala Stasiun Klimatologi Sumsel, Wandayantolis SSi MSi yang juga selaku Koordinator BMKG Provinsi Sumsel menuturkan bahwa memasuki musim hujan tahun ini, wilayah Sumatera Selatan telah mendapatkan curah hujan yang cukup merata yang dapat menyebabkan banjir.

“Yang mana banjir adalah peristiwa atau keadaan dimana terendamnya suatu daerah atau daratan karena volume air yang meningkat,” ungkap Wandayantolis, Jumat (23/9/2022).

Wandayantolis mengatakan meskipun banyak faktor  yang menjadi penyebab terjadinya banjir namun hujan merupakan faktor yang utama maka hal ini harus diwaspadai khususnya untuk di wilayah Sumsel.

Berdasarkan prakiraan hujan tiga dasarian, prakiraan daerah yang berpotensi mengalami banjir di wilayah Provinsi Sumatera Selatan dengan tingkat potensi banjir rendah Wilayah Kabupaten/Kota Dasarian III pada September 2022 yakni Banyuasin, Empat Lawang, kota Lubuklinggau, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, OI, OKI, OKU, OKUS, OKUT dan Pali.

Pihaknya mengimbau pada masa peralihan menuju musim hujan, masyarakat diharapkan untuk selalu berhati-hati dengan adanya perubahan cuaca yang signifikan seperti hujan lebat, petir, dan angin kencang

“Serta selalu membersihkan dan menjaga lingkungan sekitar,” tukasnya.

(https://detiksumsel.com/banjir-mengancam-masyarakat-sumsel-diharapkan-waspada/)

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.