Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Menkes: PeduliLindungi Jadi Aplikasi Kesehatan Individu


Baturajaradio.com
- Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, aplikasi PeduliLindungi sudah mulai dikembangkan menjadi aplikasi kesehatan individu (citizen health app) bagi masyarakat. Dengan demikian, aplikasi ini tak hanya digunakan untuk menyimpan hasil tes dan vaksinasi Covid-19.

"Sekarang kan data yang ada di PeduliLindungi baru hasil tes PCR sama vaksinasi Covid-19, nanti yang akan masuk adalah vaksinasi yang di luar Covid-19. Sekarang ini sudah mulai bertahap (pengembangannya) untuk yang vaksinasi," ujar Budi di Jakarta, Rabu (10/8).

Budi mengatakan, vaksinasi di luar Covid-19 yang akan masuk ke PeduliLindungi, mencakup vaksinasi wajib untuk anak. Aplikasi PeduliLindungi juga akan menghimpun data hasil pemeriksaan kesehatan di laboratorium seperti cek darah hingga hasil cek kesehatan di rumah sakit termasuk USG.

Menurut Budi, langkah tersebut akan berdampak baik terutama bagi dokter karena bisa lebih mudah melihat rekam medis pasien. "Misalnya dia dirujuk ke rumah sakit lain, rumah sakit yang menerima udah langsung tahu (kondisinya)," ujar Budi.

Kasus Covid-19

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan kasus meninggal dunia akibat Covid-19 sebanyak 18 jiwa, kemarin. Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan, kenaikan kasus belakangan ini dipicu oleh dua subvarian omikron, yakni BA.4 dan BA.5, sedangkan BA.4.6 belum terdeteksi di Indonesia. 

Direktur Pascasarjana Universitas YARSI Tjandra Yoga Aditama mengatakan, subvarian baru Covid-19 BA.4.6 saat ini telah terdeteksi di 43 negara. "BA.4.6 tampaknya dapat sampai 28 persen lebih mudah menular daripada BA.5 di Asia," katanya.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, sebagian besar yang terinfeksi BA.4.6 adalah mereka yang pernah terinfeksi atau yang memiliki kekebalan dari vaksinasi. Karena itu, tidak bisa hanya dengan mengandalkan vaksin ataupun pernah terinfeksi.

Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban mengatakan, dengan angka kematian yang cukup tinggi, masyarakat diminta tetap waspada, tidak boleh jemawa. Menurutnya, penggunaan masker masih menjadi hal yang mutlak saat berpergian ke luar. 

Sumber : Antara

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.