Combro



Baturaja Radio.Com -  Ada banyak jajan tradisional khas Indonesia berbahan dasar singkong. Jajanan tersebut biasanya ditemukan di beberapa daerah tertentu. Misalnya saja tiwul yang populer di Gunung Kidul, Yogyakarta. Kalau kebetulan punya singkong di rumah, coba olah menjadi 15 jajan tradisional ini. Cara membuatnya cukup simple, bisa dikukus, direbus, atau digoreng.


Combro adalah singkatan dari ‘oncom dijero’ atau oncom di dalamnya. Camilan ini terbuat dari adonan singkong parut yang diisi dengan tumisan oncom pedas. Cara membuat combro cukup sederhana. Namun kamu perlu menyiapkan cukup banyak bahan terutama untuk isiannya.

Untuk membuatnya, cukup parut singkong lalu bumbui dengan garam dan kelapa parut, aduk rata. Kemudian, ambil adonan lalu isi dengan tumis oncom dan goreng. Combro hangat cocok disantap untuk camilan sore atau sarapan.
Comro atau biasa disebut combro adalah camilan gurih khas Sunda dengan isian berupa tumisan oncom yang gurih dan pedas. Sementara bagian luarnya adalah adoann singkong parut yang empuk tapi renyah di luar. 
Olahan Sisa Bahan Makanan Comro sendiri merupakan singkatan dari kata oncom dijero, yang artinya oncom di bagian dalam. Biasanya combro mudah ditemukan dijajakan oleh para pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Namun agar lebih bersih dan sehat, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. 


Resep combro Bahan 1 kilogram singkong,
 kupas, cuci bersih dan parut 
1 sendok teh garam
 250 gram kelapa setengah tua,
 kupas, parut memanjang
 Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Bumbu halus
 3 siung bawang putih
 3 butir bawang merah
 1 sentimeter kencur Isi comro 
5 butir bawang merah,
 iris 5 siung bawang putih,
 iris 2 buah cabai merah besar,
 iris 1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
 1 sendok teh garam
 ½ sendok teh merica 
bubuk 1 sendok teh gula pasir
 250 gram oncom, 
remas-remas 1 batang daun bawang, 
iris halus 25 lembar daun kemangi

Cara membuat combro 
1. Pertama buat isian comro. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus bersama bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum.
 2. Masukkan kaldu bubuk dan oncom, kemudian masak hingga oncom matang.
 3. Tambahkan garam, merica, gula pasir, dan daun bawang. Aduk rata.
4. Masukkan kemangi, aduk rata. Angkat dan sisihkan. 
5. Kemudian siapkan adonan comro. Parut singkong, campur dengan garam dan kelapa parut, aduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian.
 6. Ambil 2 sendok makan adonan, bentuk bulat lonjong dan isi dengan 1 sendok makan isian comro dan bentuk kembali. Pastikan adonan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Sisihkan.
 7. Goreng comro hingga matang dan berwarna cokelat keemasan, angkat dan sajikan selagi hangat.(kompas.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.