Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cegah Stunting, Dinas Ketahanan Pangan OKUT Bersama TP PKK Gelar Lomba Cipta Menu Bergizi

 


Baturajaradio.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan TP PKK OKU Timur menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2022.

Lomba ini diselenggarakan di tingkat Kabupaten OKU Timur, dibuka langsung oleh Bupati Lanosin (Enos) di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junadi, bertempat di Balai Rakyat Setda OKU Timur, Senin (25/7/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Bupati OKU M. Adi Nugraha Purna Yudha, Bunda PAUD OKU Timur Nur Inayah ,Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi, Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Camat Kabupaten OKU Timur, Tim Juri dari Provinsi Sumatera Selatan dan Kepala Bank Sumsel Babel Cabang Martapura serta tamu undangan lainnya.

Bupati Enos dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa dunia pernah mengalami krisis pangan dan energi, di tengah goncangan yang ada Kabupaten OKU Timur mampu bertahan.

"Ini diawali inisiatif Gubernur Sumsel yang mencanangkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP), saya instruksikan kepada kepala dinas untuk mendukung penuh dan mendampingi program ini," ucap Bupati Enos.

Selain itu, Bupati Enos mengajak kepada seluruh anggota TP PKK yang hadir untuk mengajak masyarakat desa untuk menjadi lebih produktif.

"Untuk ibu-ibu PKK yang mengikuti lomba, ajaklah masyarakat desa untuk merubah mindset menjadi lebih produktif agar hidup bisa lebih bermanfaat, jangan selalu menjadi konsumen," harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur Junadi mengatakan bahwa kegiatan lomba B2SA ini dalam rangka pencegahan stunting untuk menuju OKU Timur maju lebih mulia.

Berkaitan dengan hal tersebut, keanekaragaman konsumsi tanaman menjadi salah satu pilar utama dalam upaya penurunan masalah pangan dan gizi.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah terbangunnya kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk mengkonsumsi pangan yang bergizi, seimbang dan aman sebagai kekuatan setiap daerah khususnya Kabupaten OKU Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK dr Sheila Noberta menambahkan, pemanfaatan pangan lokal sangat penting karena hampir di setiap daerah Kabupaten OKU Timur memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi produk olahan yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Dirinya berharap dari kegiatan ini bisa berdampak positif terhadap peningkatan kreativitas dan inovasi serta peningkatan jiwa kewirausahaan ibu-ibu PKK dalam menciptakan produk yang berasal dari produk intermediate dengan memanfaatkan potensi pangan lokal di wilayah masingmasing.

“Untuk semua ibu PKK, mari terus bergerak, berdaya, berkarya dan berdampak untuk masyarakat untuk mewujudkan OKU Timur Maju Lebih Mulia,” tutupnya.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/07/25/cegah-stunting-dinas-ketahanan-pangan-okut-bersama-tp-pkk-gelar-lomba-cipta-menu-bergizi)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.