Keluarkan Abu Vulkanik, Pos Gunung Api Dempo Catat Ada Gempa Hebusan Ditengah Malam


Baturajaradio.com
- Masih dalam dikondisi berstatus waspada atau level II.

Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagar Alam mengeluarkan Abu Vulkanik Selasa (31/5/2022).

Hal ini terlihat dari banyaknya bercak abu vulkanik yang tampak di daun teh dikawasan tersebut.

Tidak hanya itu, jalan aspal juga tampak memutih akibat hujan abu vulkanik tersebut.

Namun belum bisa dipastikan kapan GAD mengeluarkan abu vulkanik tersebut.

Namun berdasarkan pantauan sripoku.com, disekitar ketinggian kurang lebih 1.000 MDPL semua tanaman tampak memutih akibat bercak dari abu vulkanik tersebut.

Bahkan hal ini juga dibenarkan oleh sejumlah warga yang tinggal dikawasan Gunung Dempo.

Berdasarkan data yang dihimpun sripoku.com di Pos Pengamatan GAD Kota Pagar Alam bahwa benar jika pada Selasa (31/5/2022) tengah malam yaitu pukul 01.55 WIB alat Siesmograf di Pos GAD mencatat ada gempa hebusan.

"Berdasakan rekaman alat Siesmograf memang tercatat ada gempa hebusan yang terjadi sekitar 3 menit dari pukul 01.52 wib sampai pukul 01.55 wib tadi malam," ujar Wiwit Petugas Pos Pengamatan GAD.

Wiwit menjelaskan jika bercak abu Vulkani yang terdapat dibeberapa titik kawasan Gunung Dempo disebabkan adanya hebusan abu Vulkanik dari GAD tersebut yang tertiup angin.

"Dari hasil pantauan kami kelokasi ketinggian sekitar 1.500 MDPL memang ada abu vulkanik yang menempel didaun teh dan tanaman lain bahkan jalan. Itu hasil hebusan abu vulkanik GAD yang terbawa angin," jelasnya.

Namun ditegaskan Wiwit jika tidak semua bagian dari Gunung Dempo yang terkena hujan abu vulkanik tersebut. Hanya ada berapa titik saja.

"Bahkan hasil pantauan kami kelokasi kawasan kampung IV dan kampunG II tidak ada abu vulkanik. Jadi abu yang ada dan terlihat itu terbawa angin saat GAD hembuskan abu tersebut," katanya.

(Sumber : https://sumsel.tribunnews.com/2022/05/31/keluarkan-abu-vulkanik-pos-gunung-api-dempo-catat-ada-gempa-hebusan-ditengah-malam)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.