Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

11 Manfaat Jamur Tiram: ‘Si Putih’ Gurih Kaya Nutrisi


 Baturaja Radio.Com Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang cukup terkenal. Jamur yang satu ini enak untuk dijadikan sebagai temannya nasi, ataupun dijadikan camilan gurih.

Serat dari jamur tiram bahkan agak mirip serat daging ayam, dan maka itu sering dibuat sebagai pengganti daging. Apakah Toppers sudah tahu, bahwa selain enak, oyster mushroom juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho!

Jamur tiram merupakan sumber vitamin, mineral, dan juga antioksidan bagi tubuh. Jamur berwarna putih ini pun diketahui rendah akan lemak dan kalori, sehingga jadi makanan yang baik untuk diet.

Kandungan Jamur Tiram

Apa sajakah yang terkandung di jamur tiram? Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram (g) jamur tiram memiliki:

  • Air: 92,5 mililiter (ml)
  • Energi: 30 kalori
  • Protein: 1,9 g
  • Lemak: 0,1 g
  • Karbohidrat: 5,5 g
  • Serat: 3,6 g
  • Kalsium: 9 miligram (mg)
  • Fosfor: 83 mg
  • Zat besi: 0,7 mg
  • Natrium: 22 mg
  • Kalium: 226 mg
  • Zinc: 0,8 mg
  • Niasin (vitamin B3): 1 mg

Manfaat Jamur Tiram bagi Kesehatan

Kandungan yang berada di dalam jamur tiram membuatnya memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat jamur tiram yang perlu kamu ketahui:

1. Kaya Nutrisi

Jamur tiram kaya akan berbagai macam nutrisi, lho. Dari serat, vitamin, sampai mineral. Meskipun lebih sedikit, jamur tiram juga mengandung nutrisi lain seperti selenium dan vitamin D.

Untuk kamu yang diet rendah karbo, jamur tiram pun bisa menjadi pilihan yang baik untuk menu makanan kamu. Sebab, jamur tiram rendah akan karbohidrat.

2. Baik untuk Jantung

Jamur tiram merupakan salah satu makanan yang mengandung serat. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi memiliki asosiasi terhadap kesehatan jantung.

Jadi, untuk kamu yang mencari sumber serat yang menyehatkan tetapi tetap enak, jamur tiram patut kamu pertimbangkan.

3. Dapat Meningkatkan Imun

Menurut sebuah studi, jamur tiram memiliki senyawa yang berfungsi sebagai immunomodulators yang dapat membantu meregulasi sistem kekebalan tubuh.

Studi lain yang dipublikasikan pada 2016 pun menemukan bahwa jamur tiram dapat memiliki manfaat untuk menguatkan imun. Di dalam studi tersebut, para partisipan diberikan ekstrak jamur tiram selama 8 minggu kemudian dipantau imunitas tubuhnya.

4. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Beberapa preliminary research mengindikasi manfaat jamur tiram untuk melawan kanker. Sebuah studi di tahun 2012 menunjukkan bahwa jamur tiram dapat menekan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara dan kanker usus besar.

Riset yang lebih lanjut dan mendalam perlu dilakukan untuk mengerti dan mengeksplorasi lebih lagi tentang manfaat yang satu ini.

5. Meningkatkan Metabolisme

Terdapat suatu riset yang meneliti tentang efek jamur (sebagai makanan) terhadap obesitas. Menurut hasil penelitiannya, ternyata konsumsi jamur secara rutin efektif untuk mengatasi sindrom metabolik, salah satunya obesitas.

6. Sumber Antioksidan

Antioksidan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kamu. Antioksidan dapat membantu menaikkan sistem imunitas, menjaga kulit dari penuaan, menangkal radikal bebas yang berbahaya.

Bahaya radikal bebas termasuk memicu gangguan jantung dan juga kanker. Nah, jamur tiram mengandung antioksidan yang bisa memberikan kamu manfaat-manfaat yang sudah diterangkan.

7. Mencegah Diabetes

Jamur tiram juga dapat membantu mengontrol gula darah. Beta glucan yang terkandung di dalamnya mampu mengendalikan gula darah, yang lantas dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tak habis-habis manfaatnya, jamur tiram juga memiliki manfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. β-glukan pada jamur tiram ternyata memiliki dampak kepada tingkat tekanan darah, Toppers.

9. Membuat Tulang Kuat dan Sehat

Kandungan vitamin D dan magnesium yang terdapat pada jamur tiram memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Magnesium dan vitamin D memproses kalsium yang membuat tulang kamu lebih kuat dan padat.

Dengan ini, kamu pun bisa terhindar masalah kesehatan tulang seperti risiko osteoporosis.

10. Sumber Vitamin

Jamur tiram bisa menjadi sumber vitamin yang baik bagi tubuh kamu. Vitamin yang terdapat pada jamur tiram termasuk niacin, riboflavin, pantothenic acid, folate, vitamin B6 dan thiamin.

Niasin yang terdapat pada jamur tiram dapat memenuhi 21% dari asupan harian yang dianjurkan, lho.

11. Sumber Mineral

Selain vitamin, jamur tiram juga bisa mengandung mineral yang berguna bagi tubuh kamu. Mineral yang terkandung pada jamur tiram termasuk zat fosfor, potasium, zinc, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.

Melihat sekian banyak manfaat yang dimiliki, apakah Toppers kini jadi semangat untuk mencari resep lezat untuk mengolah jamur tiram?(tokopedia.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.