Sudah 10 Buaya Ditangkap, Warga Tanjung Sari Banyuasin Begadang Buru Buaya Lepas


Baturajaradio.com
- Sebanyak 10 ekor dari puluhan buaya yang lepas dari penangkaran Kelurahan Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin yang lepas saat banjir  Selasa (12/4/2022)  kembali ditangkap.

Ketua RW 06 Kelurahan Sukomoro Sujiono menyampaikan sejak tadi malam, warga di Perumahan Orchid, Mekar Sari dan juga Desa Tanjung Sari harus begadang karena takut buaya yang lepas dari penangkaran naik ke darat.

"Total ada 10 buaya yang sudah kami tangkap dan sudah kami serahkan ke pihak BKSDA. Dari semalam kami begadang, untuk menangkap buaya-buaya ini agar tidak menimbulkan keresahan warga," ujar Sujiono, Kamis (14/4/2022).

Warga rela untuk begadang secara bergantian, karena khawatir nantinya buaya-buaya yang lepas dari penangkaran ini bisa membahayakan.

Meski air sudah mulai surut, akan tetapi buaya tetap bisa naik ke darat.

Ditakutkan lagi, buaya ini tidak hanya bisa memangsa hewan ternak milik warga.

Akan tetapi bisa membatalkan anak-anak yang belum mengerti atau paham bila ada hewan yang membahayakan sedang berkeliaran.

"Terakhir tadi siang, kami tangkap dua ekor di dekat rumah warga. Buaya ini sudah naik ke darat, karena dia sudah lapar. Ini yang menjadi kekhawatiran warga,  karena buaya ini sudah naik ke darat," katanya. 

Sujiono menyoroti pemilik penangkaran sama sekali tidak ada etikad untuk berkoordinasi agar bisa menanggulangi buaya-buaya yang lepas dari penangkaran. 

"Penangkaran itu sudah lama  Dulu dikelola oleh orangtuanya bernama Budiman, sejak meninggal diwariskan ke anaknya. Sama sekali tidak etikad, padahal kami sudah berulang kali memperingatkan. Selalu dianggap enteng, dan katanya tidak mungkin lepas dari penangkaran," ujar Sujiono, Kamis (14/4/2022).

Lanjut Sujiono, apa yang dikhawatirkan warga akan lepasnya buaya dari penangkaran terbukti.

Pemilik penangkaran yang menyatakan, tidak akan lepas meski terjadi banjir ternyata berbohong. 

Sekarang, sekitar puluhan  ekor buaya sedang berkeliaran.

Inilah yang membuat warga tidak hanya cemas tetapi juga kesal dengan pemilik penangkaran.

Karena, penangkaran hingga saat ini sama sekali juga tidak ada respon ketika diminta untuk ikut membantu menangkap. 

"Kami ingatkan kepada pihak penangkaran, jangan sampai salahkan kami bila nanti kami bertindak melebihi batas kesabaran kami selama ini. Karena, sudah sering kami ingatkan tetapi tidak digubris. Sekarang terbukti sudah lepas, namun malah lepas tangan," ungkap Sujiono.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/04/14/sudah-10-buaya-ditangkap-warga-tanjung-sari-banyuasin-begadang-buru-buaya-lepas?page=all) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.