Cegah Dehidrasi, Ketua TP PKK OKU Timur dr Sheila Noberta Berikan Tips Melatih Puasa Bagi Anak-anak


Baturajaradio.com - Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan umat islam baik itu perempuan maupun laki-laki.

Pelaksanaan Rukun Islam ke-tiga itu juga harus sudah dikenalkan para orang tua kepada anaknya sejak dini.

Dikarenakan belum baligh (pubertas), anak-anak memang belum diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun memperkenalkan cara berpuasa sambil melatihnya agar terbiasa sejak kecil, hal itu perlu dilakukan agar nanti ketika dewasa mereka sudah terbiasa.

Berikut ini Tribun Sumsel sudah merangkum tips memperkenalkan dan melatih anak-anak berpuasa dari dr Sheila Noberta Sp.A, M.Kes yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) OKU Timur.

Ia menuturkan, anak-anak sudah bisa dilatih berpuasa idealnya sejak pada usia enam tahun.

"Dalam melatih puasa mereka biasanya sudah punya kontrol menahan lapar yang bagus. Nabi pun menganjurkan apabila melatih ibadah sholat dan puasa itu kisaran usia enam-tujuh tahun," ucap dr Sheila.

Dokter spesialis anak ini menyampaikan bahwa melatih berbeda dengan memperkenalkan puasa.

"Kalau untuk memperkenalkan boleh lebih awal," ucapnya.

Dalam melatih anak-anak berpuasa, sebaiknya secara perlahan jangan dipaksa langsung puasa penuh seharian.

"Berlatih itu kan bertahap misalnya sampai jam 10, kemudian besoknya sampai jam satu siang. Hingga akhirnya penuh sampai magrib pelan-pelan," katanya.

Selain itu, asupan zat gizi terhadap anak juga sangat perlu untuk diperhatikan dan harus cukup cairan agar tidak dehidrasi.

"Minum air putih yang banyak dan makan-makanan bergizi, kalau perlu tambahan vitamin itu juga boleh untuk daya tahan tubuh. Buah-buahan yang mengandung air juga dianjurkan seperti semangka, melon dan lain-lain," bebernya.

Selanjutnya, kalau anak sakit maka jangan dipaksakan untuk berpuasa.

"Karena istilahnya anak-anak itu belum jatuh hukum wajib, jadi mereka itu berlatih sebetulnya. Kita aja kan dewasa kalau sakit boleh tidak puasa dan bisa diganti dengan qadha," tutupnya.

(https://sumsel.tribunnews.com/2022/04/07/cegah-dehidrasi-ketua-tp-pkk-oku-timur-dr-sheila-noberta-berikan-tips-melatih-puasa-bagi-anak-anak?page=all)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.