Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

WHO Desak Ukraina Hancurkan Patogen Berbahaya di Lab, Apa Alasannya?


Baturajaradio.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak Ukraina segera menghancurkan patogen penyakit berbahaya di laboratoriumnya. Sebagian pihak bertanya-tanya apa alasan di balik hal itu.

Laboratorium kesehatan Ukraina sempat menjadi sorotan setelah Rusia menuduh ada proyek pengembangan senjata biologis bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS). Tuduhan tersebut berkali-kali dibantah Ukraina dan AS, disebut hanya alasan bagi Rusia untuk melakukan serangan.

WHO lewat pernyataan pada Reuters mengaku memberi arahan tersebut hanya untuk alasan keamanan. Banyak negara memiliki fasilitas laboratorium yang menyimpan patogen penyakit untuk keperluan riset, nah dengan kondisi Ukraina yang berkonflik dengan Rusia, ada kekhawatiran patogen bisa 'bocor' dan menyebar ke populasi.

"Sebagai bagian dari pekerjaan ini, WHO sangat merekomendasikan kepada Kementerian Kesehatan di Ukraina dan badan-badan lain yang bertanggung jawab menghancurkan patogen berbahaya tinggi untuk mencegah potensi kebocoran," kata WHO seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (12/3/2022).

Tidak dijelaskan lebih detail patogen jenis apa yang disarankan oleh WHO untuk dihancurkan. Otoritas di Ukraina juga tidak memberi jawaban apakah sudah melakukan rekomendasi tersebut.

Sumber Artikel:: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5979791/who-desak-ukraina-hancurkan-patogen-berbahaya-di-lab-apa-alasannya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.