Update Status Gunung Api Dempo Pagaralam, Aktivitas Kegempaan Meningkat Ketimbang Januari 2022


Baturajaradio.com - Status Gunung Api Dempo (GAD) Kota Pagaralam Sumatera Selatan sampai saat ini masih dilevel II (dua) atau Waspada.

Status waspada ini sudah terjadi sejak awal tahun 2022 lalu.

Sampai saat ini belum ada penurunan status dari Gunung Api tersebut.

Bahkan aktivitas kegempaan terus saja meningkat sejak Januari sampai Februari 2022 ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak Pos Pengamatan GAD Pagaralam dibulan Januari 202,2 tercatat ada 43 kali kegempaan baik gempa hembusan dan Vulkanik.

Sedangkan diawal Februari tercatat terdapat peningkatan.

Petugas Pos Pengamatan GAD Wiwit saat dikonfirmasi sripoku.com mengatakan, jika sampai saat ini status GAD Pagaralam masih berada dilevel II atau waspada.

"Sampai saat ini status Gunung Api Dempo masih berada dilevel II atau waspada pak," ujarnya.

Untuk aktivitas kegempaan dari bulan Januari ke bulan Februari 2022 cendrung mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan.

"Dibulan Januari tercatat 43 kali kegempaan. Sedangkan dibulan Februari masih kita rekap. Namun jika dilihat data awal Februari aktivitas kegempaan meningkat," katanya.

Untuk data terbaru yang dilaporkan pihak Pos Pengamatan GAD untuk aktivitas pada 28 Februari yaitu 2 kali gempa Hembusan dengan amplitudo 4 mm, dan lama gempa 4-6 detik.

2 kali gempa Vulkanik Dangkal dengan amplitudo 10-35 mm, dan lama gempa 3-27 detik. 1 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 30 mm, S-P 1 detik dan lama gempa 17 detik dan 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 6 mm, S-P 15 detik dan lama gempa 105 detik.

()https://palembang.tribunnews.com/2022/03/01/update-status-gunung-api-dempo-pagaralam-aktivitas-kegempaan-meningkat-ketimbang-januari-2022

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.