Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tinjau Harga Sembako Jelang Ramadhan, Herman Deru : Harga Daging Sapi Naik Tapi Masih Normal



Baturajaradio.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau secara langsung bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan di pasar.

Setidaknya ada dua pasar yang ditinjau secara langsung oleh Herman Deru beserta Forkopimda yaitu Pasar Sekip Ujung dan Pasar Kuto. 

Dimulai dari Pasar Sekip Ujung, Deru menyusuri dari depan hingga kebagian belakang pasar. Bahkan ia berinteraksi secara langsung dengan beberapa para pedagang seperti pedagang sayur, sembako, daging dan lain-lain.

Deru bertanya ke pedagang ayam, berapa harga ayam? Pedagang pun menjawab Rp 32 ribu, harga ini turun dari sebelumnya Rp 36 ribu per kg.

"Tadi saya sudah meninjau, sejauh ini belum ada perubahan yang mencolok. Tapi beberapa bahan pokok memang ada yang mengalami kenaikan tapi masih batas wajar," kata Deru, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, ada yang naik karena permintaannya tinggi seperti telur, hingga daging. Sedangkan untuk cabai, ayam dan sayur, mengalami penurunan.

"Untuk daging naik tapi masih dalam batasan normal, karena permintaan tinggi. Naiknya nggak sampai 10 persen, misal dari Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu naik jadi Rp 140 ribu sampai Rp 150 ribu," katanya

Deru menegaskan, secara umum harga komoditas bahan pokok di pasar tidak terjadi gejolak. Maka untuk menjaga stabilitas komoditas bahan pokok di pasar, dapat dilakukan dengan tetap menjaga ketersediaan dan kelancaran distribusi suplai yang ada. 

"Suplai bahan pokok harus dijaga. Untuk itu kita berkoordinasi dengan kepolisian dalam rangkan menjaga kelancaran proses distribusi bahan pokok," ungkapnya.

Sementara itu Pedagang yang ada di Pasar Sekip Ujung Kartika mengatakan, bahwa harga belum begitu banyak yang naik. Paling yang naik bawang putih dari Rp 25 ribu jadi Rp 30 ribu, yang lain belum naik.

"Kalau di sini masih sepi pengunjung belum terlihat ramai. Jadi harga pun masih banyak stabil, kalaupun naik sedikit-sedikit. Bahkan untuk sayur malah turun misal wortel dari Rp 8 ribu jadi Rp 4 ribu," katanya.

Sedangkan Imam Pedagang Daging di Pasar Kuto mengatakan, kalau daging naik dari Rp 120 ribu sampai Rp 130 ribu jadi Rp 140 ribu sampai Rp 150 ribu. Kenaikan baru-baru ini terjadi.

"Biasanya saat Ramadan harga daging diangka Rp 150 ribu per kg. Harga daging kalau Ramadan jarang turun, diangka seperti lah," ungkapnya

Sedangkan Ana masyarakat yang sedang berbelanja di Pasar mengatakan, bahwa memang ada beberapa kebutuhan pokok naik seperti telur, dan minyak goreng.

"Minyak goreng yang saat ini harganya melambung, itu yang cukup terasa. Kalau yang lainnya naik masih wajar. Harapanya harga sembako ini normal agar kita terjangkau," katanya.

(https://palembang.tribunnews.com/2022/03/29/tinjau-harga-sembako-jelang-ramadhan-herman-deru-harga-daging-sapi-naik-tapi-masih-normal?page=2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.