Keras! Rusia Ancam Setop Pasok Gas ke Eropa


Baturajaradio.com -
Rusia mengancam bakal memangkas pasokan gas alam Eropa. Ancaman ini sebagai respons atas larangan impor minyak dari Rusia.

"Sehubungan dengan tuduhan tidak berdasar terhadap Rusia dan pengenaan larangan Nord Stream 2, kami memiliki hak untuk mengambil keputusan cermin dan memberlakukan embargo pada pemompaan gas melalui pipa gas Nord Stream 1, yang hari ini dimuat di tingkat maksimum 100%," kata Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak dikutip dari CNN, Selasa (8/2/2022).


Bulan lalu Jerman memutuskan untuk menghentikan sertifikasi pipa kedua Gazprom, Nord Stream 2.

Untuk diketahui, Rusia memasok sekitar 40% gas Eropa. Sementara Jerman bergantung pada Rusia yang memasok hampir 50% gas alamnya.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan, AS dan sekutunya secara aktif mencari cara untuk melarang impor minyak Rusia. Hal itu akan merusak ekonomi Rusia lebih jauh karena mencoba untuk mengatasi sanksi ekonomi.

Barat sejauh ini enggan untuk menjatuhkan sanksi signifikan pada sektor energi Rusia karena dampaknya terhadap ekonomi global. Namun, sekarang semakin dekat untuk melakukannya karena Eropa berupaya mendiversifikasi sumber energinya.

Sumber Artikel:: https://finance.detik.com/energi/d-5974395/keras-rusia-ancam-setop-pasok-gas-ke-eropa.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.