83 WNI yang Dievakuasi dari Ukraina Tiba di Bandara Soekarno-Hatta


Baturajaradio.com - Sebanyak 83 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (3/3/2022), pukul 17:13 WIB. Mereka dijemput menggunakan pesawat Garuda Indonesia 7730.

Berdasarkan pantauan melalui siaran langsung di akun Instagram Imigrasi Soekarno-Hatta, rombongan 83 WNI disambut langsung Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. “Sore ini, Menlu Retno menyambut kedatangan 83 evacuee dari Ukraina, termasuk tiga warga negara asing (WNA) keluarga dari WNI serta empat bayi. Semua dalam keadaan sehat,” tulis Kementerian Luar Negeri lewat akun Twitter resminya.

Ke-83 WNI tersebut dijemput di Rumania setelah sebelumnya dievakuasi dari Ukraina. Dari Bandara Henri Coanda di Bukares, pesawat Garuda Indonesia yang menjemput para WNI sempat melakukan transit di Bandara Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi.

Setelah itu, pesawat melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta. Ke-83 WNI tersebut akan melakukan tes kesehatan dan pemeriksaan keimigrasian di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Pada 24 Februari lalu, Rusia melancarkan serangan ke Ukraina. Itu merupakan buntut atas diabaikannya tuntutan Moskow tentang jaminan keamanan kepada Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Salah satu tuntutan itu adalah tak dirangkulnya Ukraina menjadi anggota dalam aliansi tersebut.

Setelah serangan, beberapa negara memindahkan kedutaan besarnya dari Kiev. Tak sedikit pula negara yang mengimbau dan memerintahkan warganya untuk meninggalkan Ukraina karena potensi pecahnya pertempuran.

(https://www.republika.co.id/berita/r8611k487/83-wni-yang-dievakuasi-dari-ukraina-tiba-di-bandara-soekarnohatta)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.