Penyebab Gempa di Pasaman Barat Apa? Ini Penjelasan BMKG



Baturajaradio.com - Penyebab gempa di Pasaman Barat apa? Gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, pagi tadi berkekuatan M 6,1. Gempa tersebut terasa hingga ke Malaysia dan menyebabkan korban jiwa.


Berikut penjelasan mengenai penyebab gempa di Pasaman Barat.

Penyebab Gempa di Pasaman Barat: Aktivitas Sesar Sumatera


Berdasarkan analisis BMKG, penyebab gempa di Pasaman Barat adalah adanya aktivitas sesar Sumatera. Analisis BMKG menunjukkan mekanisme sumber gempa bumi tersebut punya pergerakan geser.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,14° LU, 99,94° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km timur laut wilayah Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada kedalaman 10 km.

Daerah yang Rasakan Gempa Pasaman Barat


Penyebab gempa di Pasaman Barat sudah diketahui. Sejumlah daerah ikut merasakan getaran gempa tersebut. BMKG mencatat, skala intensitasnya beragam. Berikut daerah yang merasakan getaran gempa Pasaman Barat dengan intensitas skala II-V:

Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang: Skala Intensitas IV MMI
Padang, Payakumbuh, Aek Godang dan Gunung Sitolo: Skala intensitas III MMI
Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan dan Bangkinang: Skala intensitas II MMI
BMKG menyebut gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Masyarakat pun diminta tenang dan tidak panik.

BMKG juga memberikan rekomendasi kepada seluruh penduduk. Melalui keterangan tertulisnya, BMKG meminta masyarakat tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan retak dan rusak yang diakibatkan oleh gempa Pasaman Barat. Di sisi lain, BMKG meminta masyarakat memperhatikan bangunan tempat tinggal agar tahan gempa serta memastikan tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dilihat detikcom dalam situs BMKG. Jumat (25/2/2022).

Setelah mengetahui penyebab gempa di Pasaman Barat, simak pula halaman berikutnya guna mengetahui data soal korban.

Data Korban Gempa Pasaman Barat


Penyebab gempa di Pasaman Barat sudah diketahui, yakni karena adanya aktivitas sesar Sumatera. Selanjutnya, simak pula pernyataan BPBD terkait korban yang meninggal dan luka-luka.

Gempa di Pasaman Barat yang berkekuatan M 6,1 menyebabkan tiga orang meninggal. Sementara itu, merujuk catatan BPBD, 20 orang lainnya mengalami luka-luka.

"Iya. Ada tiga orang yang meninggal dunia sampai siang ini," ucap Plt Kepala Badan Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Azhar, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (25/2/2022).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menambahkan, saat ini ada 20 orang yang mengalami luka-luka akibat gempa Pasaman Barat. BNPB terus memperbarui data terbarunya.

"Barusan saja kami dapat informasi ternyata sudah ada yang korban jiwa, yaitu di Kabupaten Pasaman Barat. 20 orang luka-luka," ungkap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers, Jumat (25/2/2022).

Gempa Pasaman Barat juga menyebabkan beberapa bangunan kian rusak. Berdasarkan data sementara, saat ini BNPB menerima laporan satu unit sekolah rusak berat dan 3 unit bangunan mengalami rusak ringan. Hal ini mencakup kantor Bupati Pasaman Barat.

"Sementara yang satu unit SDN rusak berat, 1 unit (kantor) bank cabang pembantu Simpang Pasaman Barat rusak sedang, 1 balairiung mengalami rusak dan Kantor Bupati Pasaman Barat rusak sedang," papar Suharyanto.

Nantinya, sambung Suharyanto, data korban maupun bangunan yang rusak bakal terus diperbarui. Pihaknya pun saat ini masih melakukan pendataan terhadap bencana.

"Itu data sementara, sekali lagi kami akan terus berkoordinasi dan mengumpulkan data-data mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama ini kita bisa memastikan berapa sebetulnya korban jiwa dan korban-korban terkait harta benda lainnya," imbuhnya.

Sumber artikel https://news.detik.com/berita/d-5958807/penyebab-gempa-di-pasaman-barat-apa-ini-penjelasan-bmkg.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.