Tidak Susah, Ini 6 Cara Merawat TV agar Awet dan Tahan Lama

 


Baturaja Radio.com - Televisi atau TV seolah telah menjadi alat elektronik yang wajib ada di dalam rumah seseorang yang digunakan sebagai sarana hiburan. Barang elektronik satu ini memiliki banyak jenis dari beragam merek yang setiap tahunnya selalu berkembang menjadi lebih canggih. Meski canggih, TV yang ada di rumah tetap membutuhkan perlakuan yang benar, agar bisa awet dan tahan lama. Baca juga: 6 Pilihan TV yang Cocok untuk Kamar Tidur Lalu bagaimana cara membuat TV menjadi awet dan tahan lama? Diangkum dari berbagai sumber, Sabtu, (14/11/2020), berikut beberapa tips agar TV menjadi awet dan tahan lama.

 1. Singkirkan dari debu

Debu merupakan musuh utama bagi TV. Tak hanya membuat tampilannya menjadi kotor, debu juga bisa menyebabkan gangguan pada layar TV yang mampu turunkan kualitas warna gambar. Tindakan terbaik untuk menjaga TV awet adalah rutin membersihankannya dari debu dan jangan pernah membiarkannya menumpuk. Debu yang menumpuk di TV bisa mengakibatkan kerusakan elektrik.


Untuk membersihkan debu di TV rumahmu, kamu dapat menggunakan kain lembut dan cairan pembersih kacamata atau pembersih layar LCD atau LED khusus. Tapi, kamu harus berhati-hati. Hindari menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar, karena hal itu bisa membuat layar TV menjadi melembung. 

2. Penempatan 
Saat menempatkan TV, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Pertama, kamu perlu mengatur jarak antara TV dengan dinding di belakangnya. Jika hal itu dilakukan, ada sisa ruang udara yang membuat TV tidak menjadi cepat panas. Berikan juga ruang antara perangkat audio atau DVD dan juga dengan alat elektronik lainnya dengan TV.

3. Pilih suhu ruangan yang sesuai 
Terkadang orang sering lupa dalam memilih suhu dan kelembapan udara yang sesuai untuk TV. Kamu perlu berusaha menjaga kestabilan suhu dan kelembaban udara ruangan. Penggunaan TV secara terus menerus bisa meningkatkan suhu udara. Cara mengatasinya adalah dengan menghadirkan pendingin ruangan.

4. Perhatikan daya listrik di rumah 
Listrik yang tidak stabil lama kelamaan bisa menjadi masalah untuk TV karena berisiko merusak komponen di dalamnya. Agar menjaga TV aman, pasang stabilizer untuk membuat listrik stabil. 

5. Matikan TV saat tak ditonton 
Menyalakan TV tapi tidak ada yang menontonnya adalah pemborosan. Selain itu, hal tersebut juga memengaruhi masa pemakaian TV. 

6. Jauhkan TV dari handphone 
Cara lain untuk membuat TV awet adalah menjauhkannya dari handphone. Sinyal atau gelombang yang ada dari handphone bisa merusak sistem kerja TV (kompas.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.