Malaysia Daftarkan Songket Sebagai Warisan Budaya ke UNESCO

Baturajaradio.com-Malaysia dikabarkan mendaftarkan songket sebagai warisan budaya ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO). 

Mereka saat ini menunggu hasil persidangannya. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Himar Farid saat Pembukaan Pameran Virtual Songket Indonesia, Selasa (14/12/2021).

 Untuk itu, kata dia, Indonesia meng
ambil langkah dengan menggelar Pameran Virtual Songket Indonesia Connecting the Universe agar dapat menyampaikan kepada khalayak bahwa sejarah songket Indonesia sangat panjang dan beragam.

”Saya berharap dengan adanya pameran ini kita bisa menambah wawasan dan informasi mengenai songket kepada khalayak kita di Indonesia,” ujarnya.

Dia menegaskan pameran ini diselenggarakan agar masyarakat dapat mengetahui berbagai macam songket yang dimiliki Indonesia serta dapat melestarikan warisan budaya tak benda yang dimiliki Indonesia.

 ”Perlu kita tahu bahwa tradisi tenun ini memiliki usia yang sangat panjang di Indonesia, terdapat berbagai macam bentuk dan juga teknik. Salah satu teknik yang sangat memukau yaitu adalah songket,” tutur dia.

Hilmar juga mengatakan tradisi songket banyak sekali dijumpai di berbagai macam daerah dengan berbagai macam pola. Warna keemasan dan perak yang ada pada songket merupakan pengaruh dari India dan Tionghoa.

 ”Warna keemasan dan perak merupakan pengaruh dari India dan Tionghoa, sehingga menandakan songket ini juga merupakan produk dari aksi budaya yang luar biasa,” ungkapnya.

Melalui Kemendikbudristek, Indonesia telah melakukan sejumlah langkah perlindungan terhadap sejumlah songket, hingga telah ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda dari Indonesia.
 Hilmar menyebutkan terdapat songket Sambas yang telah ditetapkan pada tahun 2013, songket Pandai Sikek (2014), Bali (2018), dan terakhir Silungkang (2019).

 Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi pameran virtual songket dapat langsung mengunjungi laman https://www.pameransongketindonesia.id/ untuk melihat beraneka ragam songket yang dimiliki Indonesia." 

(https://radartasik.com/malaysia-daftarkan-songket-sebagai-warisan-budaya-ke-unesco)>>

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.