BMKG Petakan Kecamatan Sungai Are Berstatus Siaga, Ini Penjelasan BPBD OKU Selatan




Baturajaradio.com -- 
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memetakan terdapat 10 wilayah Kecamatan berstatus waspada dan 1 Kecamatan bestatus siaga terhadap bencana angin puting beliung, tanah longsor dan banjir bandang di Kabupaten OKU Selatan.

Wilayah yang berstatus waspada diantaranya Kecamatan Banding Agung, BPR Ranau Tengah, Kisam Ilir, Kisam Tinggi, Muaradua Kisam, Mekakau Ilir, Pulau Beringin Runjung Agung, Sindang Danau dan Warkuk Ranau Selatan.

Sedangkan, khususnya Kecamatan Sungai Are satu-satunya Kecamatan yang dikategorikan siaga indikasi bencana. 

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan  Dony Agusta SKM, MM, indikasi bencana disebabkan intensitas curah hujan tinggi di Bulan Desember hingga Februari 2022 kedepan.

Disisi lain, salah satu penyebabnya Kecamatan Sungai Are berstatus siaga dikarenakan adanya pergeseran tanah di dua Desa dan riwayat bencana beberapa tahun lalu.

"Sebab, selain terdapat riwayat bencana tanah longsor yang memakan korban jiwa beberapa tahun lalu, di Kecamatan Sungai Are juga terdapat pergerakkan tanah,"ungkap Dony, Jumat (3/12).

Pergerakan tanah yang sudah terjadi beberapa tahun belakangan tersebut lanjut Dony, terdapat di desa Simpang Luas dan Desa Sadau Jaya.

Untuk mengantisipasi bencana BPBD menerbitkan surat himbauna untuk 19 Kecamatan di OKU Selatan.

Selain itu terdapat 500 personel gabungan disiagakan.

"langkah kita dalam upaya mengantisipasi, memberikan himbauan kepada semua camat, mendirikan posko di Kabupaten, Selain itu, disiagakan peralatan seperti perahu karet, mesin pompa, sinsue."ungkapnya.

Informasi dihimpun, sejak pertengahan November intensitas curah hujan tinggi, angin kencang terjadi hampir disejumlah wilayah di Kabupaten OKU Selatan. 

Warga Kecamatan Muaradua, Andes mengungkapkan khawatir dengan angin kencang yang terjadi saat sore hingga malam hari.

"Kalau hujan tidak terlalu khawatir, karena sudaj terbiasa, tapi yang bikin takut kalau hujan tidak turun adalah angin kencang."bebernya. (SP/ALAN)








(https://sumsel.tribunnews.com/2021/12/03/bmkg-petakan-kecamatan-sungai-are-berstatus-siaga-ini-penjelasan-bpbd-oku-selatan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.