Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Tiba-tiba Ada Angin Kencang, Nelayan Danau Ranau OKU Selatan Dihantui Cuaca Buruk

Tiba-tiba Ada Angin Kencang, Nelayan Danau Ranau OKU Selatan Dihantui Cuaca Burukbaturajaradio.com -Sudah sepekan terakhir nelayan tradisional di wilayah Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan mayoritas memilih untuk tidak beraktivitas.  

Hal itu lantaran cuaca buruk berupa angin kencang yang sedang terjadi akhir-akhir ini.

Terpantau, ditepian Danau Ranau nampak puluhan perahu nelayan tradisional yang terparkir di tepian pesisir danau dikarenakan tingginya gelombang perairan Danau.  


Joni, salah satu nelayan wilayah Danau Ranau mengatakan jika buruknya cuaca di wilayah itu telah berlangsung sepekan terakhir. 


Pemandangan Ombak Danau Ranau yang tinggi membuat para nelayan tidak berani untuk menangkap ikan ke arah tengah danau karena dapat mengancam keselamatan para nelayan. 


“Sementara stop dulu. menunggu hingga suasana angin ini berhenti. Karena sudah hampir seminggu ini, sering sekali tiba-tiba ada angin Danau yang kencang. Apalagi kalau malam hari,”tutur Joni.


Kondisi ini sangat dikeluhkan para nelayan yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan di danau tersebut.


Kendati demikian kata Joni, kerab kali nelayan nekat memberanikan diri mencari ikan memanfaatkan cela angin sedang todak terlalu kencang meski sangat membahayakan.


“Lihat situasi, kalau anginnya tidak terlalu kencang masih kita paksaakan turun cari ikan. Tetapi kalau kondisinya sudah benar-benar tidak bersahabat, kita tidak sama sekali berlayar,” ungkapnya.




Senada dikatakan Saprul yang juga seorang nelayan mengatakan cuaca yang tak bersahabat juga mempengaruhi hasil tangkapan ikan.


Menurutnya, tangkapan ikan sangat jauh menurun dibandingkan cuca dalam kondisi normal. Karena itu, mereka terpaksa mencari sumber pencaharian lain untuk kebutuhan hidup keluarga mereka.


“Banyak sih, bisa ke kebun. Cari upahan angkut di pasar yang penting dapat penghasilan kalau tidak dapat ikan. Mudah-mudahan cuaca kedepan ini normal lagi,” harapnya.



(https://sumsel.tribunnews.com/2021/11/14/tiba-tiba-ada-angin-kencang-nelayan-danau-ranau-oku-selatan-dihantui-cuaca-buruk)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.